Sukses

One Way Tol Kalikangkung, Kakorlantas Minta Pengertian Pengguna Tol yang Terdampak

Kakorlantas mengatakan, tidak ada kepastian dalam pemberlakuan sistem satu arah mulai dari gerbang Tol Kalikangkung Semarang ke arah Jakarta. Sehingga jangan menunggu di depan pintu tol.

Liputan6.com, Jakarta - Kakorlantas Irjen Pol Firman Santyabudi meminta pengertian pengguna jalan tol yang terdampak sistem satu arah mulai dari gerbang Tol Kalikangkung Semarang ke arah Jakarta.

"Tidak perlu menunggu di pintu tol, one way bisa saja terus 24 jam," kata Firman saat pembukaan sistem satu arah di gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jumat (6/5/2022) dikutip dari Antara.

Menurut dia, tidak ada kepastian dalam pemberlakuan sistem satu arah ini, sehingga jangan menunggu di depan pintu tol.

Ia meminta masyarakat memanfaatkan di jalur non-tol untuk memanfaatkan waktu perjalanan pada sore hingga malam hari saat masyarakat lokal sudah mulai beristirahat.

Ia mengharapkan arus kendaraan berjalan lancar selama pemberlakuan one way sehingga bisa dimungkinkan relaksasi satu lajur.

Menurut dia, pemberlakuan sistem satu arah dari gerbang Tol Kalikangkung menuju arah Jakarta sudah sesuai jadwal.

Pemberlakuan satu arah sendiri akan dilaksanakan mulai 6 hingga 8 Mei 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiga Menteri Buka Jalur One Way di Gerbang Tol Kalikangkung

Tiga menteri secara resmi membuka pemberlakuan one way  atau sistem satu arah dari gerbang Tol Kalikangkung Semarang menuju arah Jakarta, Jumat sekitar pukul 13.57 WIB.

Pembukaan jalur satu arah ditandai dengan pengibaran bendera oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Adapun rombongan kendaraan yang melintas di jalur tol sebelah kanan dipimpin oleh Kakorlantas Irjen Pol.Firman Santyabudi yang mengemudikan mobil secara langsung.

Menurut Menteri Perhubungan, rekayasa lalu lintas ini merupakan upaya untuk memberi keamanan bagi masyarakat yang mudik Lebaran.

"Memberi keamanan bagi masyarakat, selamat sampai tujuan," katanya.

Dia berharap arus balik Lebaran nantinya dapat berjalan baik. Dia menyampaikan terima kasih kepada Polri dan TNI, serta para pemangku kepentingan atas dukungan luar biasa yang diberikan.

Sementara Menteri Basuki mengharapkan kerja sama para pengendara dalam berperilaku di jalan raya.

"Arus mudik berjalan baik, angka kecelakaan juga menurun," katanya.

Ia berharap arus balik ini membawa kenyamanan dan keselamatan. 

Sebelumnya, jalur tol dari arah barat yang menuju ke gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, mulai disterilisasi menjelang pemberlakuan sistem satu arah kendaraan arus balik Lebaran 2022 yang akan menuju arah Jakarta, pada Jumat sekitar pukul 12.30 WIB.

"Sudah mulai disterilisasi, rencana dibuka 'one way' nanti pukul.14.00 WIB," kata Kepala Pos Pengamanan Gerbang tol Kalikangkung Semarang, Ipda Riyadi di Semarang, Jumat (6/5/2022), yang dilansir dari Antara.

3 dari 3 halaman

One Way Tol Kalikangkung-Cikampek Rencananya Dibuka Pukul 14.00 WIB

Jalur tol dari arah barat yang menuju ke gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, mulai disterilisasi menjelang pemberlakuan sistem satu arah kendaraan arus balik Lebaran 2022 yang akan menuju arah Jakarta, pada Jumat sekitar pukul 12.30 WIB

"Sudah mulai disterilisasi, rencana dibuka 'one way' nanti pukul.14.00 WIB," kata Kepala Pos Pengamanan Gerbang tol Kalikangkung Semarang, Ipda Riyadi di Semarang, Jumat (6/5/2022), yang dilansir dari Antara.

Menurut dia kendaraan di jalur B atau arah barat mulai dikeluarkan ke pintu keluar terdekat. Ia menjelaskan bahwa arus kendaraan dari arah timur yang akan masuk gerbang Kalikangkung sudah mulai padat.

Sejak Jumat (6/5) pukul 00.00 hingga 12.00 WIB, jumlah kendaraan yang melintas masuk sudah mencapai 22.437 kendaraan.

Jumlah kendaraan yang melintas masuk Kalikangkung tersebut mengalami peningkatan dalam enam jam terakhir.

Sementara itu, petugas PT Jasamarga Semarang Batang sudah mulai mengatur jalur yang akan digunakan untuk pemberlakuan sistem satu arah.

Petugas mulai memindah pembatas jalan ke sisi paling Utara gerbang tol tersebut. Petugas belum mengizinkan kendaraan masuk ke jalur sebelah kanan sebelum sistem satu arah resmi dibuka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.