Sukses

Jokowi Habiskan Libur Lebaran dengan Bermain Bersama Cucu

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi memanfaatkan momen libur Lebaran 2022 dengan berkumpul bersama keluarganya, Selasa 3 Mei 2022.

Dia pun menikmati momentum tersebut untuk bermain bersama cucu-cucunya di halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi keluar dari Gedung Agung sekitar pukul 16.20 WIB.

Bersama dua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan Sedah Mirah Nasution, Jokowi mengemudikan mobil golf dan berhenti di depan gerbang utama Istana Yogyakarta.

Di sini, Jan Ethes dan Sedah Mirah kemudian menyapa masyarakat yang berada di area sekitar Istana. Sementara Sedah Mirah tampak melambaikan tangannya.

"Minal aidin wal faizin," seru Jan Ethes kepada masyarakat dikutip dari siaran pers, Rabu (4/5/2022).

Jokowi juga menyapa langsung masyarakat dan membagikan kaus. Beberapa bahkan berswafoto bersama Kepala Negara.

Setelah itu, Jokowi memutar mobil golfnya untuk menjemput adik Jan Ethes, La Lembah Manah. Setelah berputar mengelilingi halaman Gedung Agung, mobil golf pun berhenti di depan teras depan Gedung Agung.

Tak lama kemudian, Jokowi mengajak cucu-cucunya untuk menaiki delman. Duduk di samping kusir, dia tampak menggendong La Lembah Manah. Jan Ethes dan Sedah Mirah duduk di baris kedua.

Adik Sedah Mirah, Panembahan Al Nahyan Nasution, tampak turut serta setelah beberapa putaran. Selesai bermain bersama cucu, sekitar pukul 17.00 WIB Jokowi kembali ke Gedung Agung.

 

2 dari 4 halaman

Pesan Jokowi Rayakan Idul Fitri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa momen Lebaran kali ini terasa berbeda dibandingkan dua Lebaran sebelumnya. Kali ini masyarakat sudah boleh mudik sehingga bisa kembali berkumpul bersama keluarga.

Meski begitu Jokowi meminta masyarakat agar tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) di tengah kegembiraan Lebaran. Ia mengingatkan bahwa situasi saat ini masih pandemi COVID-19.

"Merayakan kemenangan seusai sebulan berpuasa kian berarti karena tahun ini kita boleh mudik dan berlebaran bersama keluarga dan handai tolan di kampung halaman," demikian cuit Presiden dalam akun Twitter resminya, @jokowi, pada Senin, 2 Mei 2022.

"Saya berharap kegembiraan itu tidak mengurangi kewaspadaan kita untuk tetap menjalankan protokol kesehatan," tulis Jokowi dalam cuitan yang sama.

Pada Lebaran kali ini pemerintah membolehkan masyarakat mudik mengingat kasus COVID-19 mulai terkendali meski belum usai.

Pemerintah memperkirakan sedikitnya 85 juta warga melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman masing-masing untuk merayakan Idul Fitri 1433 H.

 

3 dari 4 halaman

Jokowi Halal Bihalal dengan Megawati dan Puan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi sempat melakukan silaturahmi atau halal bihalal Lebaran Idul Fitri 1443 H bersama Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPR RI, Puan Maharani. Halal bihalal dilakukan dalam sambungan video call.

Hal itu disampaikan langsung Ketua DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga, Eriko Sotarduga saat menyambangi kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (2/5/2022).

"Tadi juga Pak Jokowi langsung berkomunikasi dengan Ibu Ketum dan Mbak Puan melalui video call. Cukup lama dengan Ibu Iriana," kata Eriko.

Eriko juga sempat menyaksikan langsung dan mengabadikan momen tersebut. "Kami juga menyaksikan langsung dan mengambil fotonya dan videonya," tutur dia.

 

4 dari 4 halaman

Santap Opor Bersama Prabowo

Hari pertama Idul Fitri 1443 H, dimanfaatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo untuk bersilaturahmi.

Setelah bertemu Sultan Hamengkubuwono X dan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, kali ini Menteri Pertahanan Prabowo Subianti dan putranya, Didit Hediprasetyo. Mereka bertemu di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta.

"Siang hari ini saya ketamuan Pak Prabowo dan Mas Didit dalam rangka silaturahmi di hari yang fitri ini, di hari raya Idulfitri ini," kata Jokowi dalam keterangan tertulis diterima, Senin (2/5/2022).

Jokowi menyampaikan, pertemuannya dengan Prabowo tidak sekedar diisi dengan obrolan, tetapi juga dengan saling bermaaf-maafan. Kepala negara menegaskan, tidak ada obrolan politik yang terjadi antara keduanya saat pertemuan di momen fitri ini.

"Politik ndak (diomongin), ekonomi juga ndak, ringan-ringan semua yang kita bicarakan. Saya rasa yang paling penting sudah saling silaturahmi, dan juga saling bermaafan," jelas dia.

Sementara itu, Prabowo menambahkan, pertemuan dengan Jokowi tentu diiringi oleh makanan khas lebaran.