Sukses

DPR: Suksesnya IPU ke-144 di Bali, Kerja Bersama Parlemen Indonesia

Fadli Zon mengatakan, kegiatan Forum IPU (Inter-Parliamentary Union) ke-144 yang digelar di Nusa Dua Bali merupakan kerja bersama parlemen Indonesia, baik Pimpinan DPR.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR, Fadli Zon mengatakan, kegiatan Forum IPU (Inter-Parliamentary Union) ke-144 yang digelar di Nusa Dua Bali merupakan kerja bersama parlemen Indonesia, baik Pimpinan DPR maupun seluruh Anggota BKSAP.

Menurut dia, Forum IPU ke-144 diselenggarakan di Pulau Dewata pada 19 hingga 24 Maret 2022 itu menunjukkan Bali bisa menjadi tuan rumah kegiatan pertemuan delegasi internasional, berkat promosi yang dilakukan oleh Wakil Ketua BKSAP Putu Supadma Rudana dan yang lainnya kepada parlemen 178 negara maupun Pemerintah Indonesia.

"Kita juga yang memilih Bali, Bli Putu yang menyarankan agar dilaksanakan di Bali. Luar biasa mempromosikan Bali di tiap negara dunia internasional," kata dia dalam keterangannya, Kamis (24/3/2022).

Dia melihat Bali sebagai kota pariwisata paling terpukul dengan adanya pandemi Covid-19. Sebab, Bali perputaran perekonomiannya rata-rata dari wisatawan mancanegara.

Makanya, lanjut dia, BKSAP mendorong sama-sama pemerintah untuk ikut menyukseskan Forum IPU 144 digelar di Bali. "Mudah-mudahan kalau penerbangan internasional sudah normal, saya kira Bali hidup kembali terutama pariwisatanya," kata Fadli.

Sementara Wakil Ketua BKSAP DPR, Putu Supadma Rudana mengaku senang akhirnya event IPU ke-144 bisa diselenggarakan di Indonesia dan Bali ditunjuk sebagai tuan rumah. Karena, kata dia, Bali merupakan destinasi utama dari pariwisata Indonesia.

"Kita bangga karena selama ini masyarakat Indonesia, Bali dan dunia menghadapi pandemi Covid-19. Selama 2 tahun terakhir, tidak mudah untuk bepergian, traveling, meeting atau konvensi sidang-sidang. Semua sebagian besar dilakukan virtual," kata dia.

Politikus Demokrat itu menyebut baik DPR, Ketua DPR Puan Maharani juga menyuarakan ingin Indonesia menjadi tuan rumah.

"Tujuan utama adalah sumbangsih bagi rakyat dan pemerintah, yaitu mengawali pasca pandemi Covid-19. Kita harap momentum awal untuk kembali pulihnya perekonomian dan pariwisata. Kami BKSAP terus menggaungkan Indonesia dan Bali siap jadi tuan rumah, semua menunggu kehadirannya di Indonesia," jelas Supadma.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Momentum Baik

Dengan begitu, Supadma yakin Forum IPU 144 ini jadi momentum yang baik bagi Indonesia untuk meyakinkan kepada dunia bahwa pandemi sudah bisa dikatakan menuju endemi.

Tentu, harapannya semua akan kembali pulih pariwisata kedepannya.

"IPU semua akan dilihat 178 negara menyuarakan tentang Indonesia dan Bali, ini momentum yang baik. Ini menjadi momentum yang baik bagi Indonesia untuk hadir kembali, bahwa Indonesia telah siap bersama masyarakat dunia, membangun ekonomi, meningkatkan ekonomi, memulihkan berbagai hal pasca pandemi. Terima kasih kepada para delegasi yang telah hadir di IPU 144th ini, semoga kita bertemu kembali," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.