Sukses

DPR Gaungkan Budaya Indonesia ke Dunia di Sela IPU ke-144

Ajang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 dimanfaatkan dengan baik selain untuk menyampaikan sikap dan pandangan DPR terhadap berbagai isu, juga dipakai untuk gaungkan budaya Indonesia ke dunia.

Liputan6.com, Jakarta Ajang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 dimanfaatkan dengan baik selain untuk menyampaikan sikap dan pandangan DPR terhadap berbagai isu, juga dipakai untuk gaungkan budaya Indonesia ke dunia.

Misalnya anggota DPR yang juga Ketua Umum Serikat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI), Fadli Zon menyempatkan untuk mengunjungi Museum Rudana.

"Mudah-mudahan kita bisa melestarikan terus budaya keris," kata dia dalam keterangannya, Rabu (23/3/2022).

Fadli yang juga Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini mengaku selalu memberikan cendera mata keris kepada para ketua parlemen, maupun delegasi anggota parlemen dari berbagai negara.

"Saya kira dulu yang memulai itu mungkin Bung Karno (Presiden Soekarno), ada foto-foto tokoh banyak sekali memberikan keris kepada tokoh-tokoh bangsa lain," kata politikus Gerindra ini.

Sementara Anggota DPR yang juga Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia, Putu Supadma Rudana menyebut Fadli Zon selalu menggaungkan kebudayaan Indonesia di berbagai forum internasional, termasuk budaya keris.

"Testimoninya saya, dimana pun, kapan pun, tokoh dunia yang beliau temui itu selalu cendera matanya keris," kata dia.

Politikus Demokrat ini juga menyebut siap bekerja sama dan bersinergi. "Suatu saat kalau waktunya sudah tiba, saya mengajak bapak untuk membangun sebuah museum. Mari bersinergi bersama untuk memajukan perkerisan Indonesia," kata Supadma.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Delegasi Asing IPU Ke-144 Kagumi Kebudayaan Bali

Sebelumnya, Delegasi asing yang hadiri sidang IPU ke-144 menghampiri produk kerajinan pameran di Bali, dan menyampaikan kekaguman dengan kekayaan kebuyaan Indonesia.

Pada penyelenggaraan sidang IPU ke-144, terdapat pula Pameran UMKM Bali yang menunjukkan beberapa produk kerajinan lokal Pulau Dewata.

Salah satu apresiasi terucap dari Hon Sophia Abdi Noor selaku President Inter-Parliamentary Union (IPU) Standing Committee on UN Affairs Chairperson-Environment & Natural Resources Committee.

"Saya menyukai pertemuan IPU di Pulau Bali, dan saya meminati sekaligus bangga dengan produk kerajinan lokal Bali, sehingga saya akan mengatur jadwal lagi untuk berkunjung ke Bali, karena saya ingin lebih dalam lagi untuk mengenal Bali,"kata dia, Rabu (23/3/2022).

Atas kehadiran beberapa Delegasi asing peserta IPU ke-144 mengunjungi pameran produk kerajinan lokal di Bali, Gubernur Bali Wayan Koster mengucapkan rasa terima kasihnya.

"Saya mewakili masyarakat dan Pemerintah Provinsi Bali menyampaikan terimakasih atas kunjungan delegasi IPU Assembly. Mudah-mudahan produk kerajinan lokal Bali ini makin disukai masyarakat dunia dan memberikan penghidupan kepada masyarakat dan perajin di Bali," kata Koster.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • IPU

  • IPU ke-144