Sukses

Puan: IPU ke-144, Bukti Internasional Percaya Indonesia Sebagai Pemimpin Dunia

Acara IPU ke-144, menurut Puan bisa menjadi momentum untuk memperkenalkan Indonesia agar diperhitungkan oleh komunitas internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Pembukaan Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Nusa Dua Bali menjadi wujud kepercayaan dunia internasional kepada Indonesia menjadi pemimpin dunia.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani dalam pidato pembukaannya. Puan mengatakan, pembukaan sidang IPU dihadiri oleh 115 negara dan 1.000 orang delegasi. Sementara, ketua parlemen negara IPU yang hadir berjumlah 33 orang.

"Tentu saja hal ini juga membuktikan bahwa Indonesia negara yang dipercaya oleh dunia internasional karena dianggap mampu, dan nyaman serta aman dalam menyelenggarakan IPU ke-144 ini," kata Puan Maharani, dalam keterangannya, Senin (21/3/2022).

Puan menyebut, Indonesia dinilai memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menyelenggarakan event berskala internasional.

"Indonesia memiliki pengalaman yang banyak dan juga fasilitas yang memadai dalam penyelenggaraan event besar," ujar dia.

Acara IPU ke-144, menurut Puan bisa menjadi momentum untuk memperkenalkan Indonesia agar diperhitungkan oleh komunitas internasional.

"Hal tersebut sekaligus menepis stigma bahwa Indonesia tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah, namun sumber daya manusianya juga dapat lebih diperhitungkan demi kemajuan Indonesia,” kata dia

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tema IPU

Selain itu, mantan Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu juga menyebutkan posisi Indonesia serta perannya untuk dapat menyelesaikan kebijakan yang ada di dunia internasional secara bersama-sama.

"Tema IPU kali ini adalah tentang perubahan iklim (climate change) dan tema-tema yang lain tentu saja akan kami bahas. Mulai terkait dengan pandemi Covid-19, Sustainable Development Goals (SDGs), kesetaraan gender demokrasi dan hak asasi manusia, serta bagaimana perdamaian dan keamanan di dunia dapat tercipta sebagai satu kesatuan," jelas Puan.

Sementara itu, Presiden IPU Duarte Pacheco mengapresiasi Indonesia sebagai tuan rumah sidang IPU kali ini.

"Kita semua, IPU dan Indonesia berbagi nilai yang sama. Kita semua berusaha gotong royong dalam mengatasi perubahan iklim serta membangun masyarakat dan mendorong demokrasi," paparnya.

3 dari 3 halaman

6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.