Sukses

Razia Narkoba, Kamar Hunian Warga Binaan Lapas Cibinong Digeledah

Kalapas Kelas IIA Cibinong menyatakanm razia ini seiring dengan maraknya peredaran narkoba yang dikendalikan oleh narapidana di dalam lapas.

Liputan6.com, Jakarta - Petugas gabungan memeriksa satu persatu kamar hunian warga binaan Lapas Kelas IIA Cibinong dalam razia pada Kamis malam 17 Maret 2022. Petugas dari Polres Bogor, BNNK, dan lapas menggeledah setiap warga binaan untuk mendeteksi dini peredaran narkoba di dalam lapas tersebut.

"Kami lakukan giat penggeledahan insidentil ke kamar-kamar hunian warga binaan khusus pidana narkotika," ujar Kepala Lapas Kelas IIA Cibinong Usman Madjid, Jumat (18/3/2022).

Usman menerangkan, razia ini merupakan kegiatan rutin yang belakangan semakin digencarkan pihak lapas. Ini seiring dengan maraknya peredaran narkoba yang dikendalikan oleh narapidana di dalam lapas.

"Sebagai salah satu bagian dari penegak hukum di Indonesia, kami tidak akan menolerir dan sangat mengutuk keras peredaran narkoba, khususnya di dalam lapas dan rutan," kata Usman.

Selain itu juga untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban dalam Lapas Cibinong.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Penggeledahan

Hasilnya, sejumlah benda terlarang dibawa ke dalam kamar hunian ditemukan. Sejumlah peralatan listrik, telepon genggam, dan lainnya kemudian disita karena dapat disalahgunakan.

"Barang yang ditemukan dominan telepon genggam dan kabel chargeran. Untuk barang temuan hasil penggeledahan akan kami data dan dicatat, untuk selanjutnya dimusnahkan," ungkapnya.

Usman mengklaim jumlah barang terlarang yang masuk ke kamar hunian setiap harinya kian menurun. Namun begitu, pihaknya akan terus melakukan pengetatan dan mengevaluasi anggotanya agar tetap komitmen pada deklarasi zona integritas dan zero handphone

"Kegiatan rutin kita laksanakan, meskipun mendadak dan rahasia. Ini merupakan wujud nyata dari komitmennya Zero HALINAR (Handphone, Pungli, Narkoba)," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Tragedi Kebakaran Lapas Tangerang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.