Sukses

Pemerintah Ungkap Penyebab Tiket Penjualan MotoGP Mandalika Masih Minim

Jumlah tiket MotoGP Mandalika yang terjual sampai 20 Februari 2022 baru sebanyak 21.530. Angka ini masih jauh dari target penjualan, yakni 60.000 tiket.

Liputan6.com, Jakarta - Deputi I Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Febry Calvin Tetelepta mengungkap penyebab penjualan tiket MotoGP Mandalika 2022 masih minim dan belum maksimal. Menurut dia, masih ada kekhawatiran wisatawan terkait ketersediaan hunian.

"Salah satu penyebab minimnya penjualan tiket MotoGP tidak terlepas dari ketersediaan akomodasi yang terbatas. Wisatawan khawatir tidak mendapat penginapan sementara mereka sudah terlanjur membeli tiket MotoGP," kata Febry dikutip dari siaran persnya, Kamis (3/3/2022).

Dia mengungkapkan, dari seluruh akomodasi yang tersebar di Lombok saat ini, hanya 75 persen penginapan yang bisa beroperasi karena terdampak pandemi Covid-19. Dari jumlah itu, setengahnya sudah ter-booking dan masih tersedia 7.200 kamar.

Febry memastikan pemerintah telah melakukan berbagai upaya agar masyarakat dapat mengakses akomodasi dengan terjangkau. Salah satunya, dengan memberlakukan Pergub NTB Nomor 9/2022 yang mengatur tarif akomodasi selama event internasional di Mandalika.

"Untuk memaksimalkan pemanfaatan homestay atau sarhunta, KSP juga mendorong agar homestay yang ditawarkan dapat di akses melalui channel online ITDC," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Paket Tiket MotoGP Mandalika dengan Penginapan

Selain itu, kata dia, pemerintah juga melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan penjualan tiket MotoGP Mandalika atau Pertamina Grand Prix of Indonesia. Di antaranya, dengan membuat tiket MotoGP satu paket dengan penginapan.

Dia menyebut pemda NTB sudah melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan sarana dan prasarana MotoGP.

 

3 dari 3 halaman

Ajak Masyarakat Tonton MotoGP Mandalika

Namun, Febry juga meminta Pemda dan ITDC untuk terus mengajak masyarakat ikut menonton perhelatan MotoGP. "Perlu juga terobosan melibatkan masyarakat mensukseskan penyelenggarannya," ucap Febry.

Seperti diketahui, jumlah tiket MotoGP Mandalika yang terjual sampai 20 Februari 2022 sebanyak 21.530 tiket. Jumlah ini masih jauh dari target yakni 60.000 tiket.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.