Sukses

Ganjar Pranowo Tegaskan Wayang Adalah Warisan Budaya, Harus Dipertahankan

Jika ada pihak yang ingin membakar wayang, dia berkata patut untuk diperkenalkan lebih jauh dengan budaya wayang.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan wayang adalah warisan budaya yang harus dipertahankan sampai kapan pun dari pihak-pihak yang ingin memusnahkannya.

Dalam video berjudul 'Soal Wayang', Ganjar mengaku ingat dengan mendiang Bupati Tegal Enthus Susmono yang juga berprofesi sebagai dalang. Dia menilai Enthus mampu menyebarkan kebaikan agama lewat wayang.

"Saya ingat Bupati Tegal almarhum Mas Enthus. Beliau itu dalang lho. Tapi pada saat mendalang, budayanya ada. Tapi ketika kemudian harus menyebarkan agama dengan kebaikan lewat wayang juga ada," ujar Ganjar di akun Instagramnya.

Ganjar menuturkan wayang patut dipertahankan sampai kapan pun.

Jika ada pihak yang ingin membakar wayang, dia berkata patut untuk diperkenalkan lebih jauh dengan budaya wayang.

"Wayang sampai kapan pun akan kita pertahankan. Jadi nek ana sing ngomong wayang kon ngobong ki ya hehe.. diajari wayangan sik (Jadi kalau ada yang bilang wayang suruh dibakar itu ya hehe.. diajari wayangan dulu)," kata Ganjar.

"Biar tahulah bagaimana kayak Sunan Kalijaga dulu masuk juga gitu," imbuh Ganjar.

Postingan video Ganjar itu telah disukai oleh ribuan warganet. Selain mengunggah video, Ganjar juga mengunggah caption soal wayang yang diakui oleh dunia internasional.

"Wayang kulit telah diakui Unesco sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity atau karya kebudayaan yang mengagumkan di bidang cerita narasi dan warisan budaya yang indah dan berharga," tulis Ganjar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peduli dan Belajar Wayang

Karena itu, dia berharap makin banyak generasi muda yang tertarik untuk mendalami serta belajar tentang wayang lantaran banyak nilai baik di dalamnya.

"Namun pengakuan dunia itu tak berarti jika kita sendiri tak peduli pada keberadaannya. Yuk belajar wayang, mengenali setiap karakternya, serta meneladani sikap dan pikiran baik dari tokoh-tokohnya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.