Sukses

Pandemi Covid-19 Melanda, Banyak LSM di Indonesia Kesulitan

Direktur Eksekutif Yayasan Swadaya Mitra Bangsa (YASMIB) Sulawesi, Rosniaty Azis, mengungkap bahwa banyak lembaga swadaya masyarakat (LSM) di daerah mengalami kesulitan semenjak pandemi Covid-19 melanda Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta- Direktur Eksekutif Yayasan Swadaya Mitra Bangsa (YASMIB) Sulawesi, Rosniaty Azis, mengungkap bahwa banyak lembaga swadaya masyarakat (LSM) di daerah mengalami kesulitan semenjak pandemi Covid-19 melanda Tanah Air.

Sumber-sumber pendanaan bagi keberlanjutan kerja LSM di daerah tidak banyak. Jikapun tersedia sumber-sumber pendanaan dari pemerintah, tidak semua LSM dapat mengaksesnya.

"Dahulu tuh kami cukup banyak yang era 89 gitu, tetapi yang bertahan hingga saat ini, tinggal dihitung satu, dua. Ada juga dahulu lembaga (LSM) yang sangat besar, tapi sekarang sudah tidak ada. Itulah situasi yang ada saat ini di daerah," kata Rosniaty dalam konferensi pers daring, Rabu (16/2/2022).

Rosniaty melanjutkan, pada tahun 2019, di APBD Perubahan Provinsi Sulawesi Selatan terdapat sekitar Rp22 miliar rencana alokasi belanja hibah kepada sejumlah Badan/Lembaga/Organisasi Kemasyarakatan, tetapi mekanisme tentang proses mengakses anggaran ini tidak diketahui oleh semua LSM.

Bahkan pada tahun 2020 (APBD Pokok), jumlahnya mencapai sekitar Rp64 miliar. Demikian juga pengadaan barang dan jasa melalui swakelola, khususnya Swakelola Tipe 3, belum semua prosesnya terbuka dan mudah diakses.

"Kondisi ini mungkin tidak jauh berbeda dengan daerah lain. Keterbukaan Informasi perencanaan dan penganggaran untuk alokasi anggaran yang dapat dikelola oleh LSM masih merupakan tantangan tersendiri yang perlu didorong," pesannya.

Manajer Advokasi Yayasan Penabulu, Hamong Santono menyatakan bahwa peran dan kontribusi LSM sangat penting bagi kemajuan bangsa. Tumbangnya Orde Baru menjadi salah satu contoh kontribusi besar LSM dalam pemajuan demokrasi di Indonesia.

Pemerintah juga telah mengakui peran penting LSM (selain sektor swasta) untuk turut terlibat dalam pelaksanaan dan pencapaian pembangunan yang direncanakan pemerintah, baik lokal maupun nasional. Sayangnya, menurut dia peran dan kontribusi LSM tampaknya belum diimbangi dengan upaya pemerintah untuk memajukan dan atau mendukung sektor yang sering disebut sebagai sektor ketiga pembangunan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sulit Bertahan dari Terpaan Krisis

Belum adanya lingkungan pendukung yang memadai bagi berkembangnya sektor ini seperti di negara-negara maju lainnya, dipandang dia menyebabkan LSM Indonesia sulit bertahan di situasi krisis. Terlebih pada masa pandemi Covid-19, LSM juga memiliki kerentanan yang sama dengan masyarakat yang didampinginya.

Hamong Santono menyatakan, dalam pelbagai forum pemerintah seringkali menyebut LSM sebagai mitra strategis pembangunan. Namun pernyataan tersebut belum diikuti dengan upaya memajukan dan memperkuat peran LSM terutama dari sisi pendanaan.

"Sementara pada sisi lain, pemerintah telah mendorong pemajuan demokrasi dan LSM di negara-negara lain dengan membentuk Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI)-Indonesian AID yang bersifat dana abadi dengan pengelolaannya serupa dengan LPDP," kata Hamong.

Deputi Direktur Yayasan Penabulu, Maria Anik Wusari menyebut bahwa pada masa pandemi Covid-19 semua negara termasuk negara-negara maju berfokus untuk memulihkan kondisi di negaranya masing-masing. Situasi ini berpotensi pada makin menurunnya dana bantuan pembangunan yang diberikan kepada negara-negara seperti Indonesia, termasuk juga bantuan kepada LSM.

"Terlebih, jauh sebelum pandemi, Indonesia telah menjadi negara kelas menengah sehingga dianggap tidak lagi menjadi prioritas untuk memperoleh bantuan pembangunan dari negara lain," katanya.

Jika situasi ini dibiarkan terus menerus maka posisi LSM akan semakin sulit untuk bertahan.

3 dari 4 halaman

Dorong Penyediaan Pendanaan Bagi LSM

Sementara Senior Program Officer SDGs INFID sekaligus anggota Kelompok Kerja (Pokja) Perumusan Perpres Pendanaan LSM, Bona Tua menyatakan bahwa dengan sejarah dan kontribusi yang telah diberikan, sudah saatnya pemerintah mendorong terciptanya lingkungan pendukung bagi keberlanjutan LSM. Salah satunya dengan menyediakan pendanaan bagi LSM melalui APBN.

Mekanisme pendanaan tersebut perlu diatur melalui Peraturan Presiden (Perpres). Bona menambahkan, saat ini Pokja sedang merumuskan draft Perpres Dana Abadi LSM.

"Dana abadi ini bukan hibah cuma-cuma kepada LSM, melainkan mekanisme pengadaan barang dan jasa publik yang bisa dilakukan oleh LSM sesuai pengalaman, kepakaran dan area kerjanya," terang dia.

Bona berpesan, Perpres tersebut nantinya juga harus mengatur tata kelola pengelolaan dana yang baik, agar transparan dan akuntabel, serta dapat diakses oleh seluruh LSM di Indonesia.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • LSM