Sukses

Dukung Pernyataan Menteri BUMN, Sahroni: MotoGP Mandalika Berdampak Bagi Pariwisata

Ahmad Sahroni mendukung pernyataan Erick. Terlebih, banyak pebalap memperlihatkan nyaman berada di Indonesia, terlebih di Mandalika.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, ajang MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit yang akan digelar pada 18-20 Maret 2022, akan membawa dampak bagi pariwisata Indonesia.

Terkait hal itu, Politikus NasDem yang juga Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) Ahmad Sahroni mendukung pernyataan Erick. Terlebih, banyak pebalap memperlihatkan nyaman berada di Indonesia, terlebih di Mandalika.

"Sekarang bisa dilihat, baru tes pramusim saja sudah terasa dampaknya untuk pariwisata di Mandalika maupun peningkatan UMKM di sana. Para atlet MotoGP juga banyak yang membagikan kenyamanan mereka selama di Mandalika. Ini merupakan respon positif, dan tentu hal ini adalah investasi jangka panjang dan menyeluruh, yang memang seharusnya kita perhatikan," kata dia dalam keterangannya, Kamis (10/2/2022).

"Dengan suksesnya MotoGP di Indonesia, kedepannya negara kita bisa menjadi tuan rumah bagi ajang international lainnya seperti ajang Olympic maupun piala dunia," sambungnya.

Pria yang duduk sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR ini juga menyebutkan, dengan hadirnya Pertamina sebagai sponsor utama, menunjukkan komitmen pemerintah untuk memajukan ekonomi lokal dan nasional.

"Ini menunjukkan komitmen pemerintah yang tidak main-main dalam memajukan perekonomian lokal maupun nasional, dan tentunya kita harapkan agar event ini bisa berjalan dengan lancar sehingga berbagai target bisa dicapai dengan maksimal," kata Sahroni.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Bakal Mendunia

Gelaran akbar MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit akan digelar pada 18-20 Maret 2022 mendatang. Menteri BUMN Erick Thohir melirik pentingnya memposisikan pariwisata di Indonesia.

Sebagai tuan rumah gelaran berskala Internasional seperti MotoGP Mandalika, Menteri Erick menilai sektor pariwisata juga perlu diperhatikan dan diposisikan dengan tepat. Apalagi, Indonesia punya pengalaman menggelar berbagai event skala internasional.

Melalui sektor pariwisata ini, kata dia, mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Ini pun sejalan dengan visi Indonesia menjadi negara maju pada 2045.

"Negara besar di dunia secara ekonomi itu penting sekali ketika kita juga harus tepat menaruh brand daripada negara kita nasional branding kita menjadi sangat penting karena kenapa pertumbuhan ekonomi tidak lain tentu karena investasi yang banyak dari dalam negeri maupun di luar negeri," katanya pada Launching Pertamina Grand Prix of Indonesia, Rabu (9/2/2022).

"Faktor daripada tentu kesehatan faktor juga yang tidak kalah pentingnya bagaimana tadi industri parawisata juga kita harus bisa memposisikan dengan baik," imbuh dia.

Ini juga mengacu pada gelaran Asian Games yang digelar pada 2018 lalu yang dipimpin langsung Menteri Erick. Gelaran ini, diakui Erick turut diapresiasi oleh dunia.

Selain MotoGP Mandalika, dalam waktu dekat, pada 2023 mendatang, akan ada event standar internasional yang digelar di Indonesia. Yakni kejuaraan sepak bola dan kejuaraan dunia untuk bola basket bersama Filipina dan Jepang.

"Di tahun 2023 juga Kemarin saya baru saja dari OC hadir kita akan menjadi tuan rumah World beach games. Artinya apa? Ketika kita bicara branding penting sekali kita memposisikan bagaimana Indonesia yang maju dan yang tidak kalah pentingnya Indonesia yang mendunia," tutur Erick Thohir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.