Sukses

Setneg: Jika Ada yang Tak Sesuai dengan UU Ibu Kota Negara, Silakan Digugat

Faldo mengatakan pemerintah akan menyiapkan jawaban untuk menghadapi gugatan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Stafsus Mensesneg) Faldo Maldini mempersilahkan masyarakat menggugat Undang-Undang Ibu Kota Negara (UU IKN) bila dirasa merugikan. Menurut dia, masyarakat justru akan menjadi lebih tau secara mendalam mengenai tujuan pemerintah memindahkan ibu kota.

"Bagus, memang begitu seharusnya. Orang bisa jadi tahu lebih dalam ide IKN ini, active citizen adalah aset negara, bisa promosi gratis," kata Faldo kepada wartawan, Kamis (3/2/2022).

"Tentunya, kalau ada yang merasa tidak sesuai dengan konstitusi, silakan digugat," sambungnya.

Faldo menekankan bahwa pemerintah berkomitmen melindungi hak setiap warga negara. Namun, Faldo mengatakan pemerintah akan menyiapkan jawaban untuk menghadapi gugatan tersebut.

"Kami pun tentunya akan siapkan jawaban-jawaban substantif," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warisan untuk Generasi Penerus

Faldo menyampaikan pemerintah saat ini tengah membahas aturan turunan UU IKN. Dia menuturkan bahwa Ibu Kota Negara baru warisan untuk anak cucu yang akan meneruskan ikhtiar kebangsaan generasi kini.

"Mungkin mayoritas kita yang hidup hari ini bisa jadi tidak merasakannya secara utuh, ini warisan untuk penerus kita," ucap Faldo.

Sebelumnya, sejumlah pihak  menggugat Undang-undang Ibukota Negara (UU IKN) ke Mahkamah Konstitusi, Rabu 2 Februari 2022. Mereka menilai UU IKN cacat formil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.