Sukses

Rayakan Ulang Tahun Megawati, PDIP Akan Tanam Mangrove di Bali

Selain mangrove PDIP juga akan menanam pohon cemara udang di sejumlah lokasi di Bali.

Liputan6.com, Jakarta - PDI Perjuangan menggelar kegiatan penananam Pohon Mangrove dan Cemara Udang di beberapa wilayah di Provinsi Bali. Agenda tersebut akan dilakukan tepat saat perayaan ulang tahun (Ultah) Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri yang jatuh pada Minggu (23/1/2022) besok.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan, penanaman pohon mangrove dan cemara udang dilaksanakan secara serentak di lima lokasi. Menurut Hasto, perayaan ulang tahun partai dan Ketum PDIP diwujudkan sebagai bentuk kepedulian terhadap alam dan lingkungan.

"PDIP berkomitmen terhadap lingkungan dan upaya penanganan perubahan iklim. Partai berharap agenda ini dapat menunjang kepemimpinan Indonesia pada G20 tahun 2022 ini. Apalagi partai pun selama ini aktif dengan beberapa agenda penghijauan," kata Hasto, Sabtu (22/1/2022).

Hasto mengungkapkakan, rencananya bibit pohon mangrove yang akan ditanam berjumlah 21.000. Sementara bibit Pohon cemara udang berkisar 500.

Dia menyatakan, dengan penanaman pohon bisa menekan angka bencana alam di Tanah Air. Hal ini mengingat posisi Indonesia yang terletak di ring of fire dan kerap terjadi gempa diikuti tsunami.

"Pohon mangrove sangat penting dalam mengantisipasi tsunami," ujar Hasto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Megawati Saksikan Tanam Mangrove Secara Viertual

Hasto menambahkan, Ketua Umum PDIP akan menyaksikan kegiatan penanaman mangrove ini secara virtual. Penanaman pohon mangrove akan dilakukan di kawasan Pantai Banyuwedang, Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng.

Di lokasi ini, Hasto akan memimpin langsung agenda bersama Gubernur Bali I Wayan Koster. Juga akan diikuti anggota DPR RI I Nyoman Parta.

Di Pantai Telaga Waja, Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung akan dipimpin Ketua DPP yang juga Menteri Sosial Tri Rismaharini, anggota DPR RI I Ketut Kariyasa Adyana dan Kirana Larasati, Wakil Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Bidang Pemuda dan Olah Raga.

Sementara di Pantai Tuwed, Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, akan dipimpin Ketua DPP PDIP I Made Urip dan anggota DPR RI Agung Rai Wirajaya.

Di Pantai Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, dipimpin anggota DPR RI IGN Kesuma Kelakan.

Sementara untuk penanaman Cemara Udang dilaksanakan di Pantai Bukit Muntig Siokan, Mertasari, Sanur Kauh, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar bersama Ketua DPP PDIP yang juga Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan anggota DPR RI seperti Krisdayanti dan I Wayan Sudirta.

 

Reporter: Intan Umbari P

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.