Sukses

KKB Serang Satgas Damai Cartenz di Kiwirok, Satu Personel Tertembak di Dada

KKB menyerang anggota Satgas Damai Cartenz yang tengah melakukan persiapan pengamanan kedatangan helikopter Polri di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua, yang terbang dari Sentani.

Liputan6.com, Jakarta Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang anggota Satgas Damai Cartenz yang tengah melakukan persiapan pengamanan kedatangan helikopter Polri di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua, yang terbang dari Sentani. Kontak senjata pun tidak terhindarkan dan menyebabkan satu personel tertembak.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal menyampaikan, peristiwa itu terjadi Sabtu (22/1/2022) pagi tadi. Awalnya, helikopter Polri terbang dari Sentani sekitar pukul 07.30 WIT dan anggota Satgas Damai Cartenz Sektor Pegunungan Bintang Pos Kiwirok kemudian bersiap mengamankan.

Namun, pukul 08.30 WIT, KKB pimpinan Lamek Taplo memulai penyerangan dengan melepaskan tembakan ke arah anggota yang sedang bertugas. Satgas Damai Cartenz lantas membalas sehingga terjadi kontak senjata.

"Dari kontak tembak tersebut, satu anggota Satgas Damai Cartenz atas nama Bharada Resi Nugroho terkena tembakan di bagian dada kiri," tutur Kamal kepada wartawan, Sabtu (22/1/2022).

Menurut Kamal, Pos Damai Cartenz Polri sudah meminta bantuan Yonif PR/431 untuk melakukan pengejaran terhadap para pelaku penyerangan. Sementara korban luka tembak telah dievakuasi dan langsung mendapatkan penanganan medis di RS Bhayangkara Jayapura.

"Kondisinya stabil dan dalam keadaan sadar," kata Kamal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serangan Sebelumnya

Sebelumnya, Pos Satgas Nemangkawi di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, juga sempat ditembak oleh KKB jelang penarikan personel. Peristiwa itu mengakibatkan seorang anggota Brimob terluka.

Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito menyatakan, pada Senin pukul 06.50 WIT, Bharatu Bachtiar ditembak hingga terluka di bagian bahu kiri. Saat itu cuaca masih berkabut dan korban sedang berdiri di pos untuk memantau situasi.

"Saat hendak balik ke dalam pos, KST menembak dan mengenai korban," kata AKBP Cahyo Sukarnito, Senin (17/1/2022), seperti dilansir dari Antara.

Korban langsung dirawat di RS Bhayangkara, Jayapura setelah dievakuasi dengan menggunakan helikopter milik Polri.

Dari laporan terungkap, tembakan yang dilakukan KKB dari sekitar kawasan perumahan perhubungan yang sudah tidak ditempati, menimbulkan baku tembak.

Ketika ditanya itu kelompok mana, Kapolres Pegunungan Bintang menyatakan pelaku penyerangan adalah kelompok Lamek Tablo.

"Pelaku penembakan itu berasal dari KKB pimpinan Lamek Tablo," tegas AKBP Cahyo Sukarnito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.