Sukses

PDIP Akan Ambil Langkah Hukum soal Hoaks Megawati Meninggal

Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya akan mengambil langkah hukum terkait kabar hoaks yang menyebut ketua umumnya Megawati Soekarnoputri telah meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya akan mengambil langkah hukum terkait kabar hoaks yang menyebut ketua umumnya Megawati Soekarnoputri telah meninggal dunia.

Dia menuturkan, pelaku penyebar hoaks sangat tidak bertanggung jawab dan tak bermoral. Dirinya menegaskan bahwa Ketua Umum PDIP Megawati sedang dalam kondisi yang sehat.

"Bu Mega dalam keadaan sehat. Ini tadi saya sebelum ke sini, baru sampai Pasar Minggu, ditelepon beliau untuk datang ke Jalan Teuku Umar," kata Hasto saat menghadiri Festival Kuliner Pendaming Beras dalam rangka menyambut HUT Ke-49 PDIP di Sekolah Partai PDIP, Lentengagung, Jakarta Selatan, Jumat (7/1/2022).

Dia saat di kediaman Megawati melihat Presiden Kelima RI itu sangat bugar dan penuh semangat. Hasto juga menilai berita hoaks itu membuat partai mengambil sikap.

"Saya memutuskan sebagai Sekjen agar bantuan hukum PDIP melaporkan kepada aparat penegak hukum agar hal-hal seperti ini tidak perlu terjadi lagi. Karena kita ini bangsa yang dikenal karena kebudayaan kita karena peradaban kita," kata Hasto.

Hasto meyakini budaya masyarakat Indonesia sejak dulu tidak pernah mengobral fitnah. Sejarah budaya masyarakat Indonesia penuh dengan kejujuran dan tanggung jawab.

"Kita bangsa yang terus memperjuangkan nilai-nilai kebenaran dan kejujuran sebagai bagian nilai positif yang membentuk bangsa ini," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikabarkan Meninggal

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDI Perjuangan kembali dikabarkan meninggal dunia. Isu hoaks tersebut beredar di sosial media.

Dikutip dari berbagai sumber, sebuah video dari akun TikTok @angelyOkp sempat membagikan video yang memiliki narasi bahwa Megawati meninggal.

Tim Tekno Liputan6.com, pada Rabu (5/1/2022) mencoba melakukan penelusuran di situs TikTok untuk mencari video tersebut, namun baik akun maupun videonya sudah tidak ada.

Meski begitu, video serupa juga masih bisa ditemukan, salah satunya di akun @mila_feroza.

"Megawati tutup usia," kata keterangan dalam video yang berisi foto-foto Presiden ke-5 Republik Indonesia tersebut. "Selamat jalan Megawati," tulis narasi lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • PDIP

  • Hoaks