Sukses

Penerapan Smart City dan Green Building di BSD City Buat Presiden Jokowi Tertarik

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa didampingi Jajaran Direksi Sinar Mas Land melakukan kunjungan kerja di Kawasan Green Office Park

Liputan6.com, Jakarta Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo berkunjung untuk meninjau pembangunan proyek Ibu Kota Negara (IKN) di Kawasan Green Office Park BSD City pada Jumat (24/12).

Kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk melihat progres pembangunan kota baru oleh pihak swasta dalam hal ini Sinar Mas Land melalui salah satu proyeknya yakni BSD City. Kunjungan ini berkaitan dengan rencana pemerintah dalam pembangunan proyek Ibu Kota Negara (IKN) baru yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam kunjungannya kali ini, Jokowi didampingi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa serta Jajaran Direksi Sinar Mas Land.

Group CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja menjelaskan Sinarmas sangat antusias menerima kunjungan kerja Presiden Joko Widodo serta Bapak Suharso Monoarfa dan mendapatkan suatu kesempatan untuk menjelaskan bahwa Sinar Mas Land.

"Namun tidak sekadar membangun gedung dan jalan saja, tetapi kami mengembangkan kawasan hunian yang dapat mengakomodasi aktivitas warganya di masa depan dengan memadukan ide dan kreativitas serta teknologi berdasarkan visi dan nilai perusahaan. Kami selalu menantang diri untuk menghasilkan karya yang terbaik dalam mewujudkan impian generasi masa depan untuk tinggal di kota yang ideal dan layak huni bagi mereka," ujar Michael Widjaja.

Dalam kunjungannya, Presiden Republik Indonesia mendapatkan penjelasan dari Dhony Rahajoe (Managing Director President Office Sinar Mas Land) dan Irawan Harahap (Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land) tentang pengembangan kawasan BSD City melalui layar multimedia dan maket kota. 

Selain itu, dilanjutkan peninjauan lingkungan GOP dan kesempatan mengunjungi ruang command center di Gedung Sinar Mas Land Plaza untuk melihat bagaimana kondisi traffic dan keamanan wilayah BSD City dapat dipantau di command center ini. Menutup kunjungannya ke BSD City, Presiden RI - Joko Widodo bertemu sejumlah pelaku usaha yang menjadi bagian dari ekosistem digital BSD City di antaranya program talent development di Purwadhika Coding School, NXL E-sports Training Center, dan Imajin Manufacturing Hub yang menggeluti 3D printing.

Terlihat, Jokowi sangat tertarik dengan penerapan konsep green district, green building, dan green office yang berada di BSD City. Sinar Mas Land memadukan kepentingan kegiatan bisnis dan perkantoran melalui konsep green building dengan kepentingan pelestarian lingkungan di kawasan BSD Green Office Park lokasi yang ditinjau, meliputi Gedung Sinar Mas Land Plaza BSD dan Gedung Green Office Park (GOP) 9.

Kawasan GOP dan gedung perkantoran yang dibangun diatasnya sudah mengimplementasikan konsep sustainable development dalam operasionalnya yaitu green building, low carbon emission, energy saving, water resource management, green waste management, dan less plastic. Baik Kawasan GOP maupun gedung-gedung lainnya telah memperoleh sertifikat green district dan green building dari Building and Construction Authority (BCA) Singapore dan dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.