Sukses

4 Pernyataan Jokowi Saat Resmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada hari ini, Selasa (16/11/2021) meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Ruas Serang, Rangkasbitung, Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada hari ini, Selasa (16/11/2021) meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Ruas Serang, Rangkasbitung, Banten.

Dengan didampingi Menteri Pakerjaan Umum Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono, Jokowi meresmikannya di Gerbang Pintu Tol Serang-Panimbang.

"Alhamdulilah pagi ini Jalan Tol Serang - Panimbang Seksi 1, ruas Serang - Rangkasbitung selesai dan siap dioprasikan. Kemudian dilanjut seksi 2 Tol Rangkasbitung - Cileles sepanjang 24 KM dan Cileles - Panimbang sepanjang 33 KM dan Insya Allah dituntaskan di akhir 2023," kata Jokowi di Banten saat peresmian seksi 1, seperti dilihat dari siaran langsung daring, Selasa (16/11/2021).

Selain itu, Jokowi menyampaikan sejumlah harapan. Salah satunya, menurut Jokowi, jalan tol sepanjang 26,5 km adalah pondasi dari tumbuhnya ekonomi dalam bersaing dengan negara lainnya.

"Berkali-kali saya sampaikan infrastruktur adalah pondasi bagi negara kita untuk bersaing dengan negara lain, tidak mungkin sebuah negara bisa melampaui negara lain, bila indeks competitivenessnya lebih rendah," kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu percaya, dengan kesiapan infrastruktur dimiliki Indonesia saat ini, negara akan lebih siap dalam mengkoneksikan kebutuhan logistik antardaerah.

Berikut deretan pernyataan Jokowi saat meresmikan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Targetkan Pembangunan Tol Rangkasbitung-Panimbang Selesai Akhir Tahun 2023

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menargetkan Tol Rangkasbitung - Panimbang seksi 2 dan 3 bisa selesai di akhir tahun 2023.

Hal itu dikatakan Jokowi, usai selesai meresmikan Jalan Tol Serang - Panimbang Seksi 1, Ruas Serang - Rangkasbitung.

"Alhamdulilah pagi ini Jalan Tol Serang - Panimbang Seksi 1, ruas Serang - Rangkasbitung selesai dan siap dioprasikan. Kemudian dilanjut seksi 2 Tol Rangkasbitung - Cileles sepanjang 24 KM dan Cileles - Panimbang sepanjang 33 KM dan Insya Allah dituntaskan di akhir 2023," kata Jokowi di Banten saat peresmian seksi 1, seperti dilihat dari siaran langsung daring, Selasa (16/11/2021).

 

3 dari 7 halaman

2. Tekankan Infrastruktur Adalah Pondasi Negara

Menurut Jokowi, Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 ruas Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 km itu adalah pondasi dari tumbuhnya ekonomi dalam bersaing dengan negara lainnya.

"Berkali-kali saya sampaikan infrastruktur adalah pondasi bagi negara kita untuk bersaing dengan negara lain, tidak mungkin sebuah negara bisa melampaui negara lain, bila indeks competitivenessnya lebih rendah," kata Jokowi.

 

4 dari 7 halaman

3. Mudahkan Distribusi, Jadi Lebih Murah

Jokowi percaya, dengan kesiapan infrastruktur dimiliki Indonesia saat ini, negara akan lebih siap dalam mengkoneksikan kebutuhan logistik antardaerah.

"Kalau infrastruktur kita siap, artinya barang kita bisa terdistribusi lebih baik dan lebih murah. Infrastruktur akan memperbaiki jaringan logistik dan menciptakan titik komoditas ekonomi baru dan juga memberikan orang berproduksi, pertanian, perkebunan karena ada jalan menuju ke konsumennya sehingga lebih memudahkan," terang dia.

 

5 dari 7 halaman

4. Buka Lapangan Kerja, Bangun Peradaban

Jokowi berharap, dibangunnya sebuah jalan, seperti jalan tol maka bisa lebih membuka lapangan kerja dan turut membangun peradaban.

"Kalau negara lain punya jalan tol dan kita punyanya jalan kampung, artinya peradaban kita tertinggal. Kalau negara lain punya jalan tol dan kita juga punya, negara lain punya airport dan kita juga (harus) punya," ucap dia.

 

6 dari 7 halaman

5. Buka Pintu Investasi dan Wisata ke Tanjung Lesung

Dengan terbangunnya Tol Serang-Panimbang, Jokowi ingin menggaet investasi dan wisatawan dalam jumlah lebih besar ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung di ujung barat Kabupaten Pandeglang, Banten.

Jokowi baru saja meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 ruas Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 km. Targetnya, seluruh ruas Tol Serang-Panimbang termasuk Seksi 2 dan 3 bisa rampung di akhir 2023.

Jika seluruhnya sudah tuntas, Jokowi percaya jalan tol tersebut bakal menarik minat investasi hingga pariwisata ke KEK Tanjung Lesung.

"Ini kalau tolnya menuju ke sana otomatis ada optimisme investasi untuk segera menyelesaikan Tanjung Lesung. Ini kan kalau jalannya enggak ada orang investasi ya mikir-mikir," pungkas Jokowi.

 

(Yunita Wisikaningsih)

7 dari 7 halaman

Sorotan 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.