Sukses

Demi Indonesia Berdikari, Megawati Dorong Pemuda Kuasai Iptek

PDIP mendorong anak muda Indonesia mengejar ilmu setinggi-tingginya dengan fasilitas beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mendorong penguatan negara agar menjadi berdikari melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu, PDIP mendorong anak muda Indonesia mengejar ilmu setinggi-tingginya dengan fasilitas beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

"Saya diingatkan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri bahwa Indonesia akan maju kalau kita berdiri kokoh pada semangat berdikari, berdiri di atas kaki sendiri. Dan semangat tersebut harus diwujudkan melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi," ujar Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam sosialisasi peluang beasiswa LPDP yang digelar DPP PDIP secara daring, Selasa (9/11/2021).

"Dari Ibu Megawati Soekarnoputri, kepada seluruh pemuda pemudi Indonesia, mahasiswa Indonesia, yang pada hari ini mengikuti webinar untuk bagaimana mendapatkan beasiswa dari pemerintah," paparnya.

Hasto pun menceritakan sejarah yang jarang diketahui masyarakat, khususnya anak muda. Pada 1965, Presiden RI pertama, Soekarno telah mengirimkan 260 ribu mahasiswa-mahasiswi Indonesia untuk belajar.

Hal itu sebagai upaya Indonesia menguasai ilmu nuklir, ilmu logam, ilmu terkait angkasa luar hingga sastra. Para pemuda itu dipesankan menjadi pemuda pemudi pelopor untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Agar cita-cita bagi Indonesia yang berdaulat, Indonesia yang berdikari, dan berkepribadian dalam kebudayaan dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya," kata Hasto.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dorong Kuasai Iptek

PDIP saat ini mendorong seluruh pemuda berjuang dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Seiring pula dengan pendirian Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang Megawati menjadi Ketua Dewan Pengarah.

Kata Hasto, momentum ini bisa dipakai sebaik-baiknya untuk menggelorakan semangat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Serta mendorong seluruh kegiatan riset dan inovasi, khususnya yang mendorong agar Indonesia bisa berdikari.

"Politik juga memerlukan aplikasi dari riset dan inovasi di dalam mengambil kebijakan-kebijakan publik. Mari kita gunakan dengan sebaik-baiknya, peluang untuk mendapatkan beasiswa dari pemerintah bagi kemajuan Indonesia Raya kita," pungkas Hasto.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri Ketua DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga Ir. Eriko Sotarduga BPS, Anggota Komisi X DPR Andreas Pareira, Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto, dan Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.