Sukses

Jakarta Terpilih Sebagai Kota Sastra Dunia oleh UNESCO

Jakarta terpilih berdasarkan kategori kota yang memiliki sejarah panjang dan memiliki potensi besar untuk peningkatan dan pengembangan sastra dan literasi.

Liputan6.com, Jakarta DKI Jakarta menjadi satu dari 49 kota lain di dunia yang terpilih sebagai City of Literature atau Kota Sastra Dunia, yang diumumkan oleh UNESCO melalui laman resminya, unesco.org pada 8 November 2021. Jakarta menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang terpilih.

Jakarta terpilih berdasarkan kategori kota yang memiliki sejarah panjang dan memiliki potensi besar untuk peningkatan dan pengembangan sastra dan literasi.

"Kami merasa sangat bangga atas pemilihan UNESCO ini. Sebagai sebuah kota, Jakarta ini harus dibangun secara berkelanjutan. Pembangunan infrastruktur yang kami lakukan selama ini penting untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang maju. Tetapi, kami juga meningkatkan kualitas manusianya," kata Anies dalam keterangan tertulis, Selasa (9/11/2021).

Dia menjelaskan, Jakarta memiliki sejarah panjang dalam hal literasi. Yakni sejak periode kerajaan, kolonial, hingga awal-awal kemerdekaan Indonesia hingga sekarang. Selain itu Jakarta juga menjadi pusat penting perbukuan dan literasi.

"Kita ingat bahwa di Jakarta inilah koran pertama berdiri, penerbit buku pertama berdiri, Balai Pustaka, dan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) juga berdiri di Jakarta. Bahkan, kemerdekaan Indonesia bermula dari rajutan kata-kata dan kalimat yang disusun oleh para pendiri bangsa ini di Jakarta dan kemudian menyebar ke penjuru republik," papar dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengharapkan agar pemilihan Jakarta sebagai Kota Sastra Dunia dapat berlanjut untuk dikembangkan di masa mendatang.

"Dengan pemilihan sebagai Kota Sastra Dunia, kami memastikan bahwa akar sejarah yang kuat ini akan terus kita jaga dan kembangkan di masa depan," jelas Anies.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontribusi Komunitas Literasi

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Andhika Permata menyatakan bahwa Jakarta dibangun dengan semangat kolaborasi yang menjadikan berkembang seperti saat ini.

"Dalam hal ini saya sampaikan apresiasi terhadap para kolaborator yakni komunitas ekonomi kreatif yang lebih menghidupkan kota, Dewan Kesenian Jakarta, dan para komunitas literasi yang turut berkontribusi dalam memajukan literasi di Ibu Kota," kata Andhika.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.