Sukses

Pakai Plat RFS, Rachel Vennya Rogoh Kocek Jutaan Rupiah

Polisi menjelaskan masyarakat umum juga boleh mengunakan plat RFS dengan syarat membayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Liputan6.com, Jakarta - Plat nomor B 139 RFS yang terpasang di kendaraan Toyota Vellfire milik selebgram Rachel Vennya menjadi polemik. Polisi menjelaskan plat nomor itu termasuk biasa, masyarakat umum juga boleh mengunakan dengan syarat membayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono menerangkan, plat nomor B 139 RFS terpasang sejak Oktober 2020. Dibantu rekannya membuat pelat di Polda Metro Jaya secara prosedural.

"Legalitas mobil tersebut sah dan terdaftar di Samsat Polda Metro Jaya," kata dia, Selasa (26/10/2021).

Argo menerangakan, Rachel Vennya membayar PNB sesuai dengan yamg tertuang pada PP No. 60 Tahun 2016. Adapun biayanya sebesar 7,5 juta. "Rachel membayar sebesar 7,5 juta," ujar dia.

Penyidik Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengusut temuan adanya perbedaan warna kendaraan dengan yang tercantum di surat tanda nomor kendaraan (STNK). Adapun, tercantum warna putih sementara mobil terlihat berwarna hitam.

Rachel Vennya pun dimintai klarifikasi di Subdit Bin Gakkum pada Selasa (26/10/2021) pagi. Argo menerangkan, Rachel Vennya mengakui menyuruh sopir mengubah warna dari putih metalik menjadi hitam Doff.

"Di mana sudah diakui diubah menjadi warna hitam doff dengan cara dilapisi seluruh bodinya dengan menggunakan sticker berwarna hitam doff. Saudara RV juga telah menyuruh supirnya, namanya saudara Firman," kata Argo di kantornya, Selasa (26/10/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Mengubah Warna Mobil

Argo menerangkan, perubahan warna sudah sekira satu tahun lalu atau sejak tahun 2020. Pengakuan Rachel Vennya, ia merogoh kocek Rp 8 juta. Adapun, alasannya karena kesukaan terhadap warna hitam doff.

"Pada saat yang bersangkutan beli di Toyota, di showroom hanya ada warna putih. Sedangkan saudara RV maunya warna hitam, karenanya dia pakai stiker warna item jadi cat mobil terjaga dengan bagus. Tidak dicat, hanya dilapisi stiker," ujar dia.

Argo mengatakan, ia juga telah melakukan cek fisik kendaraan. Hasilnya, nomor rangka sesuai dengan yang tertera di STNK.

"Telah dicek fisik mobil dengan pelat B 139 RFS atas nama Rachel Vennya Ronald dengan alamat, dengan nomor rangka yang sama dengan STNK," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.