Sukses

Jokowi: Festival Utsawa Dharmagita Perkuat Literasi Pemahaman Ajaran Weda

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka acara Utsawa Dharmagita (UDG), ajang kompetisi para pemuda dalam olah seni suara kidung suci keagamaan Hindu. Jokowi menilai, festival itu penting dilakukan untuk memperkuat literasi dan meningkatkan pemahaman ajaran suci weda.

"Festival Utsawa Dharmagita ini sangat penting untuk memperkuat literasi meningkatkan pemahaman akan ajaran suci weda. Menanamkan nilai-nilai luhur, mengajarkan moderasi beragama agar semakin cerdas dan berintegritas," kata Jokowi dalam akun youtube Bimas Hindu RI, Senin (18/10/2021).

Jokowi juga merasa senang melihat para peserta memakai pakaian adat daerah masing-masing. Hal tersebut menunjukkan menghormati perbedaan dan keragaman budaya.

"Saya tahu umat Hindu selalu memegang teguh pentingnya persaudaraan, menjaga keharmonisan dan bergotong royong sebagai mana jalan menuju kebahagian yang abadi," ungkap dia.

Jokowi pun mengapresiasi acara yang dilakukan secara virtual di tengah pandemi Covid-19. Sehingga tetap bisa melaksanakan festival dengan penerapan protokol kesehatan.

"Saya juga mengapresiasi acara yang dilakukan secara virtual ini, memberikan contoh yang baik untuk displin menjaga protokol kesehatan, untuk menjaga diri dan orang lain agar tetap sehat," pungkas Jokowi.

2 dari 3 halaman

Kemenag Apresiasi Digelarnya Utsawa Dharmagita

Sementara itu Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengapresiasi digelarnya Utsawa Dharmagita (UDG). Menurut dia acara tersebut strategis dalam penguatan literasi keagamaan umat Hindu.

"Salah satu cara untuk meningkatkan literasi agama adalah melalui dharmagīta, yaitu nyanyian atau kidung suci keagamaan," terang Zainut.

 

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Jangan Jenuh 6M Meski Sudah Vaksinasi