Sukses

Demokrat: Kami Monitor Dinamika Pilpres 2024, Termasuk Figur Potensial

Menurut Demokrat, setiap partai punya strategi tersendiri dalam merespon dinamika politik menghadapi Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyebut, partainya saat ini terus memonitor calon potensial untuk Pilpres 2024. Demokrat, kata dia masih fokus konsolidasi internal organisasi.

Hal tersebut merespons Partai Amanat Nasional (PAN) melirik empat tokoh eksternal untuk Pilpres 2024, yaitu Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Bagi Partai Demokrat, tahun 2021 hingga semester pertama 2022 masih menempatkan konsolidasi internal organisasi dan kerja-kerja nyata bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 sebagai skala prioritas," kata Kamhar lewat pesan, Minggu (10/10/2021).

"Kami juga tentunya terus memonitor perkembangan dan dinamika politik menuju 2024, termasuk figur-figur unggulan dan potensial yang terekam pada hasil berbagai lembaga survei," sambung dia.

Menurut dia, setiap partai punya strategi tersendiri dalam merespons dinamika politik menghadapi Pemilu 2024. Parpol akan sangat memperhitungan kondisi internal masing-masing partai setelah memotret kekuatan dan kelemahannya. Parpol juga memetakan kondisi ekternal untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman yang dihadapi.

"Perbedaan kondisi internal dan pembacaan atas kondisi eksternal inilah yang kemudian menjadi pembeda tiap-tiap partai dalam menyusun agenda strategis dan skala prioritas," ucap dia.

Kamhar mengatakan, pada saatnya nanti Partai Demokrat pasti akan menyampaikan kepada publik terkait sikap dan keputusan politik partai merespons tahun politik 2024. 

"Tentunya dengan mempertimbangkan dan menjadikan kondisi internal organisasi sebagai referensi utama serta pemetaan atas dinamika politik di eksternal," pungkas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PAN Lirik Tokoh Eksternal untuk Pilpres 2024

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya menyebut partainya melirik empat tokoh eksternal untuk pemilihan presiden (pilpres) 2024. Empat tokoh yaitu Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK).

Dia mengungkapkan partainya tertarik kepada keempat tokoh tersebut lantaran menduduki puncak hasil survei pilpres.

"Ada yang suka presentasi Mas Anies, ada yang lebih senang ke RK, ada yang bersimpatik sama Erick Thohir, ada yang ngefans sama Bu Khofifah gitu ya," katanya.

Mereka adalah tokoh yang berprestasi, inspiratif dan memukau bagi penggemarnya masing-masing, sehingga berpotensi untuk menjadi pemimpin masa depan bagi Indonesia.

Namun, kata dia, perjalanan masih panjang mengingat masih ada dua tahun lebih bagi PAN untuk bisa menjajaki sosok tokoh-tokoh nasional dalam menghadapi Pilpres 2024.

PAN pun masih terbuka menjalin komunikasi dengan partai lain dalam menentukan calon yang tepat dalam pertarungan politik tersebut.

Bima juga menyampaikan partai berlambang matahari putih itu memiliki tokoh internal yang dijagokan untuk Pilpres 2024, yakni ketua umumnya Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Kehormatan PAN Soetrisno Bachir yang saat ini masih mengisi kepemimpinan nasional.

"Tentu pada saatnya PAN akan menentukan, bisa salah satu dari mereka atau bahkan di luar dari mereka, masih panjang, " kata dia.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Jangan Jenuh 6M Meski Sudah Vaksinasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.