Sukses

PKB Dukung Hari H Pemilu 2024 di Bulan Februari, Hindari Politisasi Ramadan

Luqman Hakim mengatakan, pihaknya mendukung usulan KPU terkait hari H Pemilu 2024 yang diadakan di 21 Febuari.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Komisi II DPR dari Fraksi PKB Luqman Hakim mengatakan, pihaknya mendukung usulan KPU terkait hari H Pemilu 2024 yang diadakan di 21 Febuari.

Pasalnya, jika dipaksakan di 15 Mei 2024, maka ada potensi puncak kampanye di bulan Ramadan.

"Puncak kampanye Pemilu di dalam bulan Ramadan tentu tidak elok dan berpotensi mengganggu ibadah umat Islam. Ingat, kita adalah bangsa yang berketuhanan," kata Luqman pada wartawan, Minggu (10/10/2021).

Menurut dia, jangan sampai pemerintah dituduh melakukan penistaan lantaran puncak kampanye di bulan Ramadan. Selain itu, ini menghindari politisasi yang berbau SARA.

"PKB tidak ingin, keutuhan NKRI terancam akibat Pemilu 2024. Inilah diantara pertimbangan PKB kenapa coblosan Pemilu 21 Februari jauh lebih ideal dan rasional," jelas Luqman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkaca Pemilu 2019

Luqman mengingatkan, jika Pemilu 2024 tetap diadakan 15 Mei dan Pilkada 27 November, akan berpotensi terjadi seperti Pemilu 2019 yang banyak memakan korban jiwa.

"Ingat, tahun 2019 dengan satu pemilu saja, ratusan petugas KPPS meninggal dunia dan ribuan lainnya jatuh sakit. Kita bisa bayangkan, tahun 2024 dengan beban Pemilu dan Pilkada Serentak dalam waktu berdekatan, akan berapa ribu petugas meninggal dunia dan jatuh sakit?," kata dia.

"PKB tentu tidak ingin Pemilu menjadi mesin pembunuh bagi para petugas yang menyelenggarakannya. Jangankan ribuan, satu nyawa saja bagi PKB sangat berharga untuk diselamatkan," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • PKB