Sukses

Sapa Prajurit TNI, Jokowi Terima Laporan Ada Kapal China dan Amerika Melintas di Natuna

Awalnya, Jokowi menanyakan apakah ada kapal asing yang masuk ke wilayah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyapa para prajurit TNI yang sedang bertugas di sejumlah wilayah Indonesia. Jokowi menerima laporan bahwa ada kapal-kapal China dan Amerika yang masuk ke perairan Natuna.

Hal ini disampaikan oleh Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada I Laksamana Pertama TNI Dato Rusman dari daerah operasi laut Natuna Utara saat melakukan video conference dengan Jokowi, Selasa (5/10/2021). Adapun acara ini digelar dalam rangka HUT ke-76 TNI.

Awalnya, Jokowi menanyakan apakah ada kapal asing yang masuk ke wilayah Indonesia. Lalu, Dato menjawab bahwa ada kapal China dan Amerika yang masuk namun hanya untuk melaksanakan lintas internasional.

"Tidak ada kapal asing yang masuk perairan kita?" tanya Jokowi melalui siaran Youtube Sekretariat Presiden, Selasa.

"Siap Bapak Presiden, untuk hari ini ada kapal yang masuk namun dia melaksanakan lintas internasional dan dalam keadaan aman yaitu, kapal-kapal dari China dan kapal-kapal dari Amerika dan semua dalam keadaan aman dan kondusif," kata Dato Rusman menjawab.

Dato melaporkan ke Jokowi bahwa saat ini situasi perairan laut Natuna dan sekitarnya saat ini dalam keadaan aman serta kondusif. Saat ini, kata dia, Gugus Tempur Laut Koarmada I sedang melaksanakan operasi siaga tempur laut, dengan kekuatan 6 KRI.

"Guspura Koarmada I saat ini juga melaksanakan operasi pengamanan alur laut kepulauan Indonesia 1 dengan kekuatan 3 kapal patroli class fast patrol boat yakni KRI Lemadang, KRI Sembilang, KRI Lepu," jelas Dato.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perairan Indonesia Aman

Selain itu, dia mengatakan bahwa situasi perarian alur laut kepulauan Indonesia dalam keadaan aman dan terkendali. Dato menuturkan seluruh prajurit yang bertugas juga dalam keadaan sehat.

"Seluruh prajurit saat ini dalam keadaan sehat walafiat dengan semangat motivasi dan dedikasi pengabdian yang tinggi untuk menjaga dan menegakkan kedaulatan maritim di seluruh wilayah yurisdiksi nasional Indonesia," tutur Dato.

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada para prajurit TNI yang membantu masyarakat menghadapi berbagai bencana alam. Termasuk, pandemi Covid-19.

"TNI juga bisa diandalkan untuk membantu masyarakat menghadapi tantangan lain, dari bencana alam sampai pandemi Covid-19," kata Jokowi melalui akun instagramnya @jokowi, Selasa (5/10/2021).

Tak hanya itu, dia menilai bahwa TNI telah membuktikkan bahwa prajuritnya merupakan penjaga utama kedaulatan negara dan keutuhan wilayah NKRI. Jokowi menyebut TNI juga berperan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • Natuna

  • Kapal China