Sukses

Jokowi Beri Bantuan Rp 100 Juta untuk Mantan Atlet Bulutangkis Verawaty Fajrin

Jokowi memberikan perhatian serius terhadap legenda bulutangkis Indonesia, Verawaty Wiharjo alias Verawaty Fajrin yang tengah dirawat akibat kanker paru-paru.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan bantuan Rp 100 juta kepada legenda bulutangkis Indonesia, Verawaty Wiharjo alias Verawaty Fajrin yang tengah dirawat di Rumah Sakit Dharmais Jakarta akibat sakit kanker paru-paru.

Bantuan kepada Verawaty diserahkan langsung oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono di RS Dharmais, Senin (20/9/2021).

"Ibu Verawaty, saya mengantarkan bantuan dari Bapak Presiden (Jokowi). Bapak Presiden menitip salam dan mendoakan untuk kesembuhan Ibu Verawaty," kata Heru saat bertemu Verawaty di RS Dharmais, seperti dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Senin.

Jokowi juga meminta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali serta Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin untuk memastikan terjaminnya perawatan Verawaty. Dia meminta Menpora menanggung biaya pengobatan serta perawatan Verawaty.

"Bapak Presiden juga meminta kepada Menteri Kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Ibu Verawaty," ujar Heru.

Menindaklajuti arahan Jokowi, Zainudin juga menjenguk Verawaty. Dia datang tak lama setelah Kepala Sekretariat Presiden menyerahkan bantuan dan menjenguk Verawaty.

"Kami datang ke RS Dharmais ini, secara khusus menyampaikan salam juga dari Bapak Presiden kepada Ibu Verawaty," jelas Zainudin Amali.

Adapun perawatan Verawaty di RS Dharmais sendiri akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Kemenpora turut mengupayakan perawatan terbaik untuk Verawaty, salah satunya dengan mengubah status anggota BPJS miliknya dari kelas 2 menjadi kelas 1.

"Mbak Vera tetap kami monitor kondisinya," ucap Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot Sulistiantoro Dewa Broto, dalam keterangannya.

Gatot juga memastikan bahwa Kemenpora dan Kementerian Kesehatan terus berkoordinasi untuk membantu perawatan Verawaty.

"Mengenai kekurangannya (biaya) akan menjadi tanggung jawab kami dari Kemenpora," tutur dia.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum, Organisasi dan Humas RS Kanker Dharmais, Anjari Umarjianto menyampaikan pihaknya menaruh perhatian khusus dan memberikan fasilitas terbaik untuk Verawaty.

"Kami menaruh perhatian khusus kepada pasien dan memberikan fasilitas terbaik dari apa yang RS ini miliki untuk Ibu Verawaty," kata Anjari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prestasi Verawaty untuk Indonesia

Seperti diketahui, Verawaty Wiharjo, merupakan seorang atlet bulu tangkis Indonesia yang terkenal di era 1980-an. Ia juga berhasil meraih banyak gelar juara baik di nomor tunggal putri, ganda putri, maupun ganda campuran.

Sejumlah prestasi tersebut antara lain Juara Tunggal Putri Kejuaraan Dunia 1980, medali emas Ganda Putri Asian Games 1978 dan Juara Ganda Putri All England 1979 bersama Imelda Wiguna, hingga Juara Ganda Campuran World Cup 1986 bersama Eddy Hartono.

Verawaty juga turut membawa obor Asian Games 2018 dan menyerahkannya langsung kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada tanggal 17 Agustus 2018, sehari menjelang pembukaan penyelenggaraan Asian Games 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.