Sukses

Jokowi ke Kepala Daerah: Segera Habiskan Stok Vaksin Covid-19, Kalau Habis Minta Lagi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta pemerintah daerah (pemda) segera menghabiskan stok vaksin Covid-19 yang tersedia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta pemerintah daerah (pemda) segera menghabiskan stok vaksin Covid-19 yang tersedia. Jokowi mengingatkan pemda tak segan melapor ke pemerintah pusat apabila stok vaksin di daerah sudah mulai menipis.

Hal ini disampaikan Jokowi saat berdialog dengan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah disela-sela meninjau vaksinasi Covid-19 bagi pelajar di Kabupaten Madiun Jawa Timur, Kamis (19/8/2021).

"Jadi stok vaksinnya itu tidak hanya di Sumatera Barat saja, di semua provinsi, segera habiskan, nanti kita kirim lagi," kata Jokowi sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis.

Menurut dia, Indonesia akan kedatangan vaksin Covid-19 dengan jumlah yang banyak dalam waktu dekat. Jokowi memastikan pemerintah pusat akan segera kembali mengirimkan apabila stok vaksin di daerah sudah menipis.

"Saya juga sudah janji juga dengan pak gubernur sumbar, habis kirim, habis kirim, semua seperti itu," jelasnya.

Jokowi mendapat laporan bahwa program vaksinasi Covid-19 di Sumatera Barat berjalan dengan naik. Total sudah sekitar 650.000 masyarakat yang mendapat suntikan vaksin virus corona.

"Insya Allah kita sudah lebih dari 15 persen dari semua penduduk Sumbar," ucap Mahyeldi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1,5 Juta Dosis di Sumbar Sudah Disuntikkan

Dari total 1,5 juta dosis vaksin yang diterima pemerintah daerah Sumatera Barat, sebanyak 1,3 juta dosis sudah disuntikan ke masyarakat. Sisanya, 200.000 dosis akan dihabiskan dalam beberapa hari kedepan.

"Insya Allah besok itu akan datang tambahan, terima kasih Pak Presiden atas bantuan yang telah diberikan kepada kami," ujar dia.

Mahyeldi juga melaporkan bahwa angka kesembuhan pasien Covid-19 di Sumatera Barat meningkat dibandingkan kasus positifnya. Dia berharap kondisi Covid-19 di Sumateta Barat semakim membaik kedepannya.

"Kemudian juga padang yang kemarin masih level 4, mudah-mudahan pekan ini akan baik," tutur Mahyeldi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.