Sukses

Perjalanan Kampung Akuarium: Digusur Ahok, Dibangun Anies

Kawasan yang dulu digusur Ahok, kini kembali dibangun dan disulap Anies Baswedan menjadi Kampung Susun Akuarium.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Kampung Akuarium di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara tak begitu asing di telinga warga Ibu Kota. Terutama sejak digusur Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta era Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada 2016 silam.

Kini, meski lewat serangkaian polemik, Kampung Akuarium telah dibangung kembali oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Tepat di hari Kemerdekaan ke-76 RI, Anies meresmikan pembangunan tahap pertama Kampung Susun Akuarium, Selasa, 17 Agustus 2021.

Dalam kesempatan itu, Anies menjelaskan bahwa pembangunan Kampung Akuarium merupakan program strategis Pemprov DKI yang dikerjakan berkolaborasi dengan berbagai pihak.

"Pembangunan Kampung Susun Akuarium merupakan program strategis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal peningkatan kualitas kawasan permukiman dan masyarakat yang bertujuan untuk memfasilitasi warga DKI Jakarta, memenuhi rasa keadilan dalam bermukim dan memenuhi kebutuhan tempat tinggal yang layak huni, nyaman dan terjangkau. Sehingga, Jakarta tidak hanya maju kotanya, tapi juga bahagia warganya," ungkap Anies dalam sambutannya.

Anies menuturkan, rampungnya pembangunan Kampung Susun Akuarium merupakan pelunasan janji-janji kemerdekaan dan wujud negara hadir membantu rakyat lemah.

"Negara hadir membantu yang lemah untuk mendapatkan hidup layak, serta memberikan kesempatan kepada swasta untuk melunasi kewajibannya," tutur dia.

Berikut perjalanan Kampung Akuarium, dari tanah gusuran menjadi kampung susun:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjalanan Kampung Akuarium

Pada tahun 2016, Pemprov DKI Jakarta menggusur Kampung Akuarium di Penjaringan. Alasannya kampung tersebut merupakan kawasan Cagar Budaya.

Bentrok pun tak terelakkan saat penggusuran dilakukan. Meski bangunan sudah rata dengan tanah, warga Kampung Akuarium tetap bersikeras bertahan. Mereka tak mau pindah dan memilih bertahan dengan mendirikan tenda-tenda.

Pada 2017, pasangan Anies-Sandi yang saat itu maju sebagai calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur DKI Jakarta berjanji akan merevitalisasi Kampung Akuarium. Janji kampanye itu pun dibayar dengan pembangunan Kampung Susun Akuarium.

Lewat akun instagramnya @aniesbaswesan, Anies membeberkan fase-fase penting Kampung Susun Akuarium berdiri.

2017 adalah tahun terjadinya pengosongan lahan. Kemudian pada 2018, dimulai penataan kembali dengan pembangunan 90 unit shelter.

Tahun 2019, perencanaan kampung susun oleh warga dan pembahasan kajian arkeologi oleh Tim Cagar Budaya DKI.

“Tahun 2020, konstruksi gedung. Tahun 2021, dua blok hunian terbangun. Target 2022, serah terima 100 persen hunian terbangun, atau 3 blok hunian dan kawasan selesai,” tulis keterangan di grafik yang unggah @aniesbaswedan pada Rabu (18/8/2021).

Kini, tepat pada HUT ke-76 RI, Anies meresmikan pembangunan tahap pertama Kampung Susun Akuarium. Ada 107 unit hunian tipe 36 yang diresmikan. Kampung Susun Akuarium berdiri di lahan seluas 10.575 meter persegi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.