Sukses

Kapolri Apresiasi Program Vaksin Merdeka Kapolda Metro Jaya Fadil Imran

Listyo Sigit Prabowo memuji program Vaksinasi Merdeka, sehingga meminta seluruh Kapolda meniru konsep tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo memuji program Vaksinasi Merdeka, sehingga meminta seluruh Kapolda meniru konsep tersebut.

Hal itu disampaikan saat memberikan sambutan pada acara Malam Apresiasi Kepada Relawan Vaksinasi Merdeka di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Selasa (17/8/2021).

"Saya berikan apresiasi atas ide-idennya, Thanks Pak Fadil dan Pangdam yang bantu sekuat tenaga, terimakasih seluruh relawan yang telah berkontribusi sehingga pencapaian dari 1 juta, 100 persen di dosis pertama dan sekarang masuk di tahap kedua 50 persen untuk dosia kedua tercapai," kata Listyo.

Dia menuturkan, target vaksinasi yang diberikan Presiden untuk DKI Jakarta sebesar 1 juta. Listyo mengaku ia saat itu langsung menggelar rapat koordinasi bersama Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memikirkan cara mempercepat vaksinasi.

Dia mengatakan, Kapolda Metro Jaya memberikan ide mendirikan Vaksinasi Merdeka. Program diluncurkan pada 1 Agustus 2021. Harapannya, capaian vaksin dosis pertama 100 persen.

"Alhamdulilah kita tagih belum tanggal 17 atau pada tanggal 8 Agustus tembus 100 persen dan saat ini masuk vaksin tahap dua kurang lebih 50 persen. Selamat," kata Listyo.

Menurut dia, semua berkat pengorganisasian, dan merekrut relawan-relawan yang mau berpartisipai sehingga menyentuh level terbawah.

"Ditingkat 900 RW dengan dibantu kekuatan kurang lebih 3.000 lebih tim relawan yang sudah direkrut sehigga pencapaian bisa tercapai," ujar Listyo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Capaian Akhir

Listyo menekankan ini bukan capaian akhir, tapi batu lompatan untuk mewujudkan Jakarta mencapai kekebalan komunal.

Dia memberikan target kepada Kapolda Metro Jaya pada akhir Agustus atau awal September dosis kedua di DKI Jakarta juga tercapai 100 persen

"Agar herd immunity 70 persen masyarakat Indonesia bisa tercapai," ujar dia.

Listyo menyerukan kepada seluruh wilayah untuk melakukan hal yang sama sehingga seluruhnya target dari pemeritah untuk membentuk herd immunty bisa tercapai.

"Saya perintahkan kepada seluruh wilayah untuk melakukan replikasi mengadopsi yang dilaksanakan Polda Metro Jaya sehingga giat vaksin yang dilakukan pemerintah pusat diperkuat TNI-Polri bisa berjalan dengan baik, dipercepat dan hasilnya dirasakan masyarakat," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.