Sukses

Indostrategic Sebut Kepala Daerah Bisa Alami Penurunan Elektabilitas Capres

Liputan6.com, Jakarta Direktur Eksekutif Indostrategic Khoirul Umam mengatakan, pihaknya telah melakukan survei yang salah satunya melihat kepala daerah yang berpotensi maju sebagai calon presiden atau capres di Pemilu 2024.

Sebagai gambaran di surveinya, para kepala daerah yang memiliki elektabilitas Capres diantaranya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 17 persen. Menyusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 8,1 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 7 persen, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 1,8 persen.

Meski demikian, Umam memandang bahwa para kepala daerah tersebut bisa mengalami penurunan elektabilitas sebagai Capres di Pemilu 2024.

"Ketika masa pemerintahan mereka selesai, misalnya di akhir 2023 besar kemungkinan atau membuka kemungkinan akan terjadi penggembosan gelembung elektabilitas kepala daerah tersebut," kata Umam, Selasa (3/8/2021).

Selain masa jabatan, dia juga melihat penanggulangan pandemi Covid-19 di masing-masing daerahnya juga menjadi pertimbangan.

"Adanya keuntungan elektoral karena peran mereka yang cukup besar dalam konteks penanganan pandemi," jelas Umam.

Berbeda dengan kepala daerah, tokoh parpol sedikit diuntungkan dengan adanya dukungan dari mesin parpol, misalnya seperti Prabowo Subianto hingga Puan Maharani.

"Kita memperdebatkan apakah penentunya apakah individu atau mesin politik partai. Kalau mesin partai tentu mbak Puan ini tidak bisa dianggap sepele karena dia memiliki mesin partai yang cukup besar yakni PDIP," jelas Umam.

 

2 dari 3 halaman

Hasil Elektabilitas Capres

Berikut hasil survei elektabilitas capres 2024:

Prabowo Subianto 17,5 %

Anies Baswedan 17,0 %

Ganjar Pranowo 8,1 %

Ridwan Kamil 7,0 %

Sandiaga Uno 6,8 %

Agus Harimurti Yudhoyono 6,4 %

Tri Rismaharini 4,1 %

Gatot Nurmantyo 1,8%

Khofifah Indar Parawansa 1,8 %

Erick Thohir 1,0 %

Ahmad Syaiku 0,6 %

Puan Maharani 0,6 %

Surya Paloh 0,6 %

Muhaimin Iskandar 0,5 %

Airlangga Hartarto 0,5 %

Sri Mulyani 0,4 %

Tito Karnavian 0,3 %

Moeldoko 0,3 %

Zulkifli Hasan 0,2 %

Adapun survei dilakukan pada 23 Maret-1 Juni 2021 dengan responden 2.400 yang tersebar di 34 provinsi, metode yang dipakai adalah multi-stage random.

Survei ini dilakukan secara tatap muka dengan mengedepankan protokol kesehatan. Sementara tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin off error sebesar 2 persen.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: