Sukses

Direktur Pertamina Pantau Kesiapan Pertamedika di RS Darurat Covid Asrama Haji

Saat ini rumah sakit ini sedang menyelesaikan instalasi gas.

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina terus berkomitmen mendukung Pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19, kali ini melalui penambahan ketersediaan bed untuk perawatan masyarakat pasien Covid. Salah satunya di RS Darurat Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede oleh Pertamedika IHC dan menjadi ekstensi dari Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ).

Untuk memastikan kesiapan Pertamedika, Direktur Logistik & Infrastruktur Pertamina Mulyono melakukan kunjungan kerja ke Asrama Haji pada Sabtu, 17 Juli 2021. Kunjungan ini dilakukan untuk mengecek storage ISO Tank Oksigen dan instalasinya sekaligus meninjau sejauh mana pengerjaan RS IHC Asrama Haji.

"Tadi pagi saya seperti biasa mengecek logistik Pertamina seperti BBM Premium, Pertalite, Pertamax hingga Avtur. Siang ini saya mengecek pengerjaan rumah sakit di Asrama Haji ini. Ini merupakan salah satu bakti Pertamina terhadap negara, pemerintah untuk membantu menyediakan fasilitas layanan kesehatan covid-19 kepada masyarakat," ujarnya.

Direktur Utama Pertamedika IHC Dr.dr. Fathema Djan Rachmat, Sp.B, Sp.BTKV (K), MPH mengatakan saat ini rumah sakit ini sedang menyelesaikan instalasi gas.

"Saat ini kita berada di rumah sakit asrama haji di mana ini baru saja kita selesaikan instalasi gasnya untuk melengkapi rumah sakit ini. RS ini juga sudah dilengkapi dengan peralatan ICU, HCU. Nantinya di sini akan ada sekitar 150 tempat tidur," katanya.

Direktur Medis dr. Asep Saepul Rohmat, Sp. PD, KGEH, FINASIM mengatakan rumah sakit ini dikhususkan untuk pasien covid dengan gejala berat hingga kritis. “Ini adalah satu kontribusi nyata Pertamina bersama dengan Pertamedika IHC dalam menanggulangi Covid. Salah satunya adalah ruangan arafah dari asrama haji yang kita sulap menjadi rumah sakit yang khusus melayani covid-19 untuk berat dan sangat kritis,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Rumah Sakit Pertamina Jaya dr. Sri utami ningsih Sp.S berharap adanya RS IHC Asrama Haji ini, Pertamina bisa membantu mengurangi tumpukan pasien ICU yang ada di IGD- IGD rumah sakit di Jakarta.

"Alhamdulillah, semua persiapan sudah berjalan dengan baik termasuk fasilitas untuk memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 yang akan dirawat," tutup Mulyono.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina