Sukses

PPKM Darurat Diperpanjang atau Tidak, Tunggu 2-3 Hari ke Depan

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pemerintah belum memutuskan PPKM Darurat akan diperpanjang.

Liputan6.com, Jakarta - Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pemerintah belum memutuskan PPKM Darurat akan diperpanjang. Dia mengatakan, pemerintah masih mengevaluasi penerapan PPKM Darurat yang telah berlangsung dua pekan itu.

Luhut menyatakan segera melaporkan hasil evaluasi PPKM darurat kepada presiden Jokowi, selanjutnya keputusan perpanjangan PPKM Darurat akan diumumkan pada 2-3 hari ke depan.

"Saya kira dalam dua tiga hari ke depan kita akan umumkan secara resmi," kata Luhut dalam konpers daring, Sabtu (17/7/2021).

Menurut dia, pemerintah menggunakan dua indikator untuk memutuskan apakah perlu perpanjangan atau sudah bisa pelonggaran PPKM Darurat.

"Di mana relaksasi bisa kami lakukan apabila indikator penambahan kasus semakin baik, serta BOR semakin baik," kata Luhut.

"Dan kebetulan dua hari ini membaik, dan kita akan lihat peridoe 14-21 hari itu kita sudah masuki periode tersebut, maka kami akan masuk ke tahap relaksasi berikutnya," tambah dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penurunan Mobilitas dan Kasus Covid-19

Berdasarkan hasil monitoring saat ini, lanjut Luhut, tanda penurunan kasus sudah mulai terlihat di beberapa daerah.

"Ada beberapa daerah yang mengalami penurunan mobilitas cukup baik dan penambahan kasus seperti DKI Jakarta, dan saya lihat Bali juga akan menurun seminggu ke depan," ujar Luhut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PPKM Darurat adalah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang hanya diterapkan di wilayah Jawa-Bali.

    PPKM Darurat