Sukses

Infografis Indonesia Turun Kelas Jadi Negara Menengah - Bawah

Merujuk laporan terbaru Bank Dunia, Indonesia turun kelas menjadi negara berpenghasilan menengah ke bawah. Setahun sebelumnya, peringkat Indonesia sempat meningkat menjadi negara menengah ke atas.

Liputan6.com, Jakarta - World Bank atau Bank Dunia mengeluarkan laporan terbaru per 1 Juli 2021. Ternyata, Indonesia masuk kategori lower middle income country atau negara berpenghasilan menengah ke bawah.

Ini berarti Indonesia turun kelas. Sebab, dalam laporan Bank Dunia setahun sebelumnya, posisi Indonesia sempat meningkat menjadi upper middle income country atau negara berpenghasilan menengah ke atas.

Melorotnya peringkat Indonesia lantaran angka Gross National Income atau GNI alias Pendapatan Nasional Bruto hanya USD 3.979 per kapita. Sementara, Bank Dunia mematok angka GNI untuk kelompok negara menengah ke atas di kisaran USD 4.046 hingga USD 12.535.

Negara mana saja yang sama posisinya dengan Indonesia? Bagaimana tanggapan Istana dan Kementerian Keuangan? Simak dalam Infografis berikut ini:

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Indonesia Turun Kelas Jadi Negara Menengah - Bawah

3 dari 3 halaman

Infografis Optimistis Indonesia Kembali Jadi Negara Menengah - Atas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.