Sukses

Tangani Pasien Covid-19, Pemkot Tangerang Rencana Berikan 1 Tabung Oksigen ke Setiap RW

Tabung oksigen yang akan diberikan pun yang berukuran 1 m³, lengkap dengan berbagai alat penunjangnya.

Liputan6.com, Tangerang - Siasati penuhnya fasilitas kesehatan (Faskes) dan Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) di Kota Tangerang, pemerintah daerah setempat tengah mengkaji pemberian tabung oksigen untuk masing-masing RW. Sehingga penanganan pasien Covid-19 yang tengah melakukan isolasi mandiri bisa dilakukan sedini mungkin.

"Ini ke depan kita lagi mengkaji pemberian tabung oksigen ke tiap-tiap RW, jadi bisa sedini mungkin membantu warga jika ada yang saturasinya kurang, langsung ditangani," tutur Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Minggu (27/6/2021).

Skema ini akan dilakukan, bilamana terjadi lonjakan kasus yang tinggi kembali. Sementara antrean pasien Covid-19 di rumah sakit sudah membludak. Hingga kemarin saja, lanjut Arief, tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit sudah mencapai 93 persen.

Tabung oksigen yang akan diberikan pun yang berukuran 1 m³, lengkap dengan berbagai alat penunjangnya. Namun sebelum skema ini ditetapkan, harus ada masyarakat yang terlatih serta memiliki skill kedaruratan untuk ditugaskan menjadi Satgas covid-19

"Karena memang kasusnya banyak sekali di lingkungan, jadi sekali lagi, ini untuk membantu masyarakat sedini mungkin," kata Arief.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penambahan RIT

Hingga kini, Pemkot Tangerang sudah menambah kapasitas RIT. Seperti per hari ini, RIT tambahan berkapasitas 135 pasien Covid-19 di Gedung SMPN 30 Kota Tangerang, sudah beroperasi.

"Sekarang Puskesmas Jurumudi Baru berkapasitas 70 tempat tidur, ditambah SMPN 30 sebanyak 135 tempat tidur, jadi total bisa merawat sebanyak 205 pasien Covid-19," kata Arief.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.