Sukses

Covid-19 Melonjak, Kebutuhan Oksigen di RSUD Kota Tangerang Meningkat Tajam

Selain dipicu lonjakan kasus Covid-19, meningkatnya kebutuhan oksigen di RSUD Kota Tangerang juga disebabkan kondisi pasien yang datang rata-rata dalam kondisi berat.

Liputan6.com, Tangerang - Lonjakan kasus Covid-19 di Kota Tangerang terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Kondisi ini pun memicu meningkatnya kebutuhan oksigen di RSUD Kota Tangerang hingga tiga kali lipat.

"Jadi seiring meningkatnya jumlah pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen, maka kebutuhan oksigen atau flow gasnya pasti meningkat," kata Direktur RSUD Kota Tangerang dr Dini Anggraeni, Kamis (24/6/2021).

Meski demikian, peningkatan kebutuhan oksigen tersebut sudah diantisipasi oleh manajemen RSUD Kota Tangerang, dengan menambah dua kali lipat ukuran evaporator dan pengisian gas medik tiga kali lipat dari kebutuhan normal.

"Kebutuhan oksigen pasien di RS difasilitasi melalui instalasi gas medik. Dan kemarin di RSUD kami sudah menambah dua kali lipat ukuran evaporator dan pengisian gas medik tiga kali lipat dari biasanya untuk memenuhi kebutuhan pasien saat ini," katanya.

Dini juga menerangkan, peningkatan kebutuhan oksigen di RSUD Kota Tangerang, selain dipicu lonjakan jumlah kasus Covid-19, juga disebabkan kondisi pasien yang datang rata-rata dalam kondisi berat.

"Pasien Covid yang dirawat di RSUD adalah pasien-pasien dengan gejala sedang, berat, dan kritis yang memerlukan oksigen sampai alat bantu pernafasan," tutur dr Dini.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Stok Oksigen Aman

Dalam kesempatan berbeda, Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Liza Puspdewi menyatakan, ketersediaan oksigen di wilayahnya hingga saat ini masih dalam kondisi aman.

“Rumah sakit dan masyarakat tidak usah panik dengan isu kelangkaan stok oksigen yang beredar. Stok oksigen untuk pelayanan di rumah sakit atau di seluruh Puskesmas di Kota Tangerang masih terpenuhi dan aman,” katanya.

3 dari 3 halaman

Infografis Waspada 5 Gejala Covid-19 pada Anak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.