Sukses

Pemkot Bekasi Ubah Jadwal Vaksinasi Covid-19 Massal, Catat Tanggalnya

Liputan6.com, Bekasi - Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi memutuskan memajukan jadwal vaksinasi massal Covid-19 untuk wilayah di 9 kecamatan. Hal ini berdasarkan hasil evaluasi kegiatan vaksinasi Covid-19 yang sudah dua kali digelar di Stadion Patriot Candrabhaga.

Untuk wilayah 3 yang semula vaksinasi Covid-19 dijadwalkan pada 26 Juni 2021, dimajukan menjadi 23 Juni 2021. Wilayah 3 sendiri meliputi Kecamatan Pondokgede, Jatiasih, Pondok Melati, dan Jatisampurna.

"Berarti vaksinasi pada tanggal 23 Juni 2021 dilakukan untuk wilayah 2 dan 3 secara bersamaan. Untuk vaksinasi wilayah 2, yakni Kecamatan Bekasi Timur, Bantargebang, Rawalumbu, dan Mustikajaya," kata Kabag Humas Pemkot Bekasi, Sajekti Rubiah dalam keterangannya, Senin (21/6/2021).

Pemkot Bekasi akan mengatur pintu masuk peserta agar tidak terpusat di satu titik. Hal ini untuk menghindari penumpukan massa dan membuat kegiatan vaksinasi berjalan lebih tertib.

Untuk memperketat pelaksanaan, Pemkot Bekasi juga memutuskan melakukan screening kesehatan serta tes usap antigen kepada calon penerima vaksin. Tes usap dilakukan di Puskesmas domisili, sehari sebelum kegiatan vaksinasi dimulai.

"Pada saat datang, peserta langsung menunjukkan bukti screening agar bisa langsung diberikan vaksin, sehingga tidak menyebabkan antrean panjang," jelas Sajekti.

Setelah diberi vaksin, peserta diperbolehkan langsung pulang dengan catatan memberikan berkas screening serta fotocopy KK dan KTP ke meja observasi.

"Peserta juga meninggalkan nomor telepon agar bukti telah vaksinasi dapat diinformasikan melalui sms," pungkas Sajekti.

 

2 dari 4 halaman

Kota Bekasi Gencar Vaksinasi Massal

Pemkot Bekasi diketahui tengah gencar melakukan vaksinasi Covid-19 massal untuk sasaran masyarakat di atas umur 18 tahun dan lansia, yang bertempat di Stadion Patriot Chandrabhaga.

Pelaksanaan vaksinasi massal pertama diadakan 14 Juni 2021, yang dihadiri Presiden Jokowi, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Vaksinasi ini diikuti 4.500 peserta.

Vaksinasi massal kedua dilaksanakan 19 Juni 2021 dengan peserta dari wilayah 1, yakni Kecamatan Bekasi Selatan, Bekasi Utara, Bekasi Barat, dan Medansatria. Ada total 4.000 peserta vaksinasi yang ditangani 250 vaksinator.

 

3 dari 4 halaman

Infografis 3 Vaksin dalam Program Vaksinasi Covid-19 Nasional Kantongi Izin WHO

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: