Sukses

Anies Sebut Kapasitas Vaksinasi Covid-19 di Jakarta Capai 158 Ribu Orang per Hari

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa Ibu Kota memiliki sumber daya yang cukup untuk mencapai target vaksinasi harian, sesuai arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, yakni 100 ribu orang melakukan vaksinasi Covid-19 per hari. 

"Dalam satu hari kita bisa melakukan vaksinasi sebagai kapasitas terpasang adalah 158 ribu orang divaksin per hari," kata Anies dalam YouTube Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), kamis (17/6/2021).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan, bahwa pelaksanaan vaksinasi tergantung dari jumlah vaksin yang dikirimkan oleh Kementerian Kesehatan. Saat ini, kata Anies, pasokan vaksinasi tersebut cukup memadai.

"Lalu Pemprov, TNI, Polri bersama menggunakan saat ini kapasitas terpasang untuk melaksanakan vaksinasi agar rata-rata per hari adalah 100 ribu vaksinasi. Bila kita bisa rata-rata melakukan vaksinasi 100 ribu per hari, maka Insyaallah akhir Agustus kita akan bisa memvaksin seluruh orang dewasa di Jakarta," ucap Anies. 

Lebih lanjut, Anies menyatakan, bahwa sebanyak 3.041.573 warga Ibu Kota telah menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Jumlah tersebut berdasarkan data hingga Rabu, 16 Juni 2021. 

"DKI: 3 JUTA ORANG TELAH DIVAKSIN! Alhamdulillah, kita lewati capaian ini kemarin. Dari target 30 Juni, tercapai 16 Juni, dua pekan lebih cepat," kata Anies dalam unggahan Instagram @aniesbaswedan, Kamis (17/6/2021).

Berdasarkan unggahan tersebut sebanyak 1,8 juta orang dikatakan telah menerima vaksinasi Covid-19 dosis kedua atau 62,4 persen dari 3 juta orang yang telah menerima dosis pertama.

  

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Target Jokowi untuk Anies Baswedan

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan target kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar 7,5 juta penduduk di wilayahnya harus sudah divaksin pada Agustus 2021.

Hal ini disampaikan Jokowi usai meninjau vaksinasi Covid-19 massal di Rusun Tanah Tinggi Jakarta Pusat, Senin, 14 juni 2021. 

"Saya juga tadi telah menyampaikan kepada Gubernur DKI untuk nanti di akhir Agustus, target 7,5 juta penduduk di Jakarta harus sudah tervaksinasi," kata Jokowi seperti yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin.

Dia mengakui, target tersebut bukanlah hal mudah dan tergolong sangat ambisius. Namun, Jokowi menekankan hal ini terpaksa dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 di DKI Jakarta.

"Ini memang target yang sangat ambisius. Tetapi, mau tidak mau kita harus menuju ke sana untuk mencapai kekebalan komunal (atau) herd immunity," ucap Jokowi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: