Sukses

Toeti Heraty Noerhadi, Guru Besar Filsafat UI Meninggal Dunia

Toeti Heraty Noerhadi meninggal dunia pada Minggu (13/6/2021). Almarhum meninggal pada usia 87 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Guru Besar Filsafat Universitas Indonesia (UI) yang juga penulis, Toeti Heraty Noerhadi meninggal dunia pada Minggu (13/6/2021). Almarhum meninggal pada usia 87 tahun.

Hal tersebut disampaikan oleh Humas UI, Amelita Lusia kepada Liputan6.com.

"Kami keluarga besar UI ikut berduka cita atas kepergian Prof Dr Toeti Heraty Noerhadi binti R Roosseno. Semoga beliau mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT," kata Amelita.

Rencananya almarhum akan dimakamkan di TPU Karet Bivak dan disemayamkan di Jalan Cemara, Menteng Jakarta Pusat.

Almarhum meninggal karena sakit di RS MMC Jakarta Selatan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Riwayat Hidup

Berdasarkan webiste Persatuan Penulis Indonesia (SATUPENA), Toeti lahir di Bandung pada 27 November 1933 dari pasangan Roosseno Soerjohadikoesoemo dan ibunya bernama RA Oentari.

Awalnya Toeti merupakan sarjana muda kedokteran UI pada 1955, kemudian sarjana Psikologi UI pada 1962, lalu menjadi sarjana Filsafat dari Rijk Universiteit, Leiden, Belanda.

Kemudian pada 1979 dia lulus sebagai doktor Filsafat dari UI. Selain itu, Toeti juga pernah mengajar di Fakultas Psikologi Unpad, Bandung.

Selain itu, Toeti juga aktif mengikuti beberapa festival internasional, di antaranya Festival Penyair International di Rotterdam (1981) dan International Writing Program di Universitas Iowa, Iowa City (1984). Puisi-puisinya telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa asing, antara lain dalam bahasa Belanda, Inggris, Jerman, dan Prancis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.