Sukses

Harkitnas, Puan Optimistis RI Bisa Bangkit dari Dampak Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) adalah saat yang tepat untuk bersama-sama membangkitkan kehidupan sosial dan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19.

Menurut Puan Maharani, bangsa Indonesia pasti bisa melalui tantangan berat tersebut dengan cara bergotong royong dan disiplin akan pentingnya mencegah penularan Covid-19.

"Kita harus bangkit. Kebangkitan kehidupan sosial, ekonomi, yang terdampak pandemi Covid-19," kata Puan, di Jakarta, Kamis (20/5/2021).

Puan menuturkan, kebangkitan bangsa Indonesia bisa diwujudkan dengan peran bersama serta saling berkontribusi antara pemerintah dengan seluruh masyarakat.

Dia mengingatkan bahwa kesadaran bersama untuk mencegah penularan pandemi Covid-19 adalah kunci menghindari terjadinya gelombang kasus Covid-19.

"Hari Kebangkitan Nasional harus jadi pengingat bahwa kita adalah bangsa yang optimis, bangsa yang mampu keluar dari berbagai ujian, dan sejarah telah membuktikan itu," ujar Puan.

Politikus PDIP tersebut optimistis Indonesia mampu bangkit dari dampak pandemi. "Kita adalah bangsa yang tangguh, bangsa yang optimistis, dan kita pasti bisa bangkit," tegas Puan Maharani.

2 dari 3 halaman

Jokowi: Bersatu dan Gotong Royong Lawan Pandemi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan ucapan selamat Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap 20 Mei. Pada peringatan Harkitnas kali ini, Jokowi mengingat perjuangan Indonesia yang lebih dari setahun melawan pandemi Covid-19.

"Lebih setahun dunia dicengkeram pandemi global Covid-19, lebih setahun pula Indonesia berjuang untuk membendung segala dampaknya," kata Jokowi dikutip dari akun instagramnya @jokowi, Kamis (20/5/2021).

Dia pun mengajak bangsa Indonesia untuk bersama-sama melawan pandemi Covid-19. Jokowi meyakini apabila masyarakat bersatu, Indonesia akan menang melawan pandemi virus corona.

"Hari ini, dengan semangat Budi Utomo, kita bersatu dan bergotong-royong untuk bangkit dan menang melawan pandemi, dan bersama-sama melangkah menuju Indonesia maju," jelasnya.

Sebagai informasi, Kebangkitan Nasional Indonesia merupakan kurun waktu ketika bangsa Indonesia mulai memiliki kesadaran nasional sebagai 'Orang Indonesia'.

Pada kurun awal abad ke-20 itu ditandai dengan terjadinya peristiwa penting, yaitu berdirinya organisasi pemuda Budi Utomo (Boedi Oetomo) pada 20 Mei 1908 dan ikrar Sumpah Pemudah pada 28 Oktober 1928.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: