Sukses

Jalanan Kota Bogor Macet, Lalu Lintas di Gerbang Tol Kembali Dialihkan

Rekayasa lalu lintas diberlakukan hingga kepadatan kendaraan di sejumlah ruas jalan Kota Bogor terurai.

Liputan6.com, Bogor - Kepolisian kembali merekayasa lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Bogor, Minggu (16/5/2021). Kebijakan itu diambil menyusul kondisi kemacetan lalu lintas di ruas jalan Kota Bogor, Jawa Barat saat libur Lebaran 2021. 

Kendaraan dari arah Ciawi yang hendak melalui Exit GT Bogor dialihkan ke GT Sentul Selatan. Sedangkan pengguna jalan dari arah Jakarta dialihkan ke Exit Bogor Selatan Sumarecon.

Tak hanya di pintu tol, polisi juga mengalihkan arus kendaraan di dalam kota. Kendaraan roda dua dari arah Ciawi dialihkan menuju Jalan Siliwangi. Pengalihan arus kendaraan dilakukan di bundaran Lippo Ekalokasari.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Susatyo mengatakan, pengalihan arus lalu lintas dilakukan sehubungan meningkatnya volume kendaraan di Kota Bogor pada H+3 Lebaran 2021.

Kepadatan di pusat Kota Bogor ini merupakan imbas dari penyekatan kendaraan menuju kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Mereka yang diputar balik di Simpang Gadog memilih masuk ke Kota Bogor.

"Agar kendaraan arus balik yang hari ini akan melintas ke Kota Bogor kami upayakan langsung ke arah Jakarta," kata Susatyo.

Menurutnya, rekayasa lalu lintas diberlakukan hingga kepadatan kendaraan di sejumlah ruas jalan Kota Bogor terurai.

"Untuk waktunya tentatif. Kalau lalu lintas sudah normal, kita buka lagi," ujar Susatyo.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

17 Wisata Kolam Renang di Kota Bogor Ditutup

Wali Kota Bogor Bima Arya menambahkan, rekayasa lalu lintas guna mengurangi kepadatan kendaraan di pusat kota.

"Targetnya agar tidak ada kerumunan kepadatan di tengah Kota Bogor. Terutama di tempat liburan karena sebagian besar arus wisata," ujar Bima.

Tak hanya pengalihan arus kendaraan, pihaknya bersama Satgas Covid-19 juga telah menutup tempat wisata kolam renang karena terjadi penumpukan. Namun penutupan operasional objek wisata tersebut hanya berlangsung satu hari.

"Ada 17 kolam renang yang kita tutup hari ini. Karena dari pengamatan sejak pagi tadi terus terjadi peningkatan jumlah pengunjung sehingga melebihi kapasitas 50 persen," terangnya.

Pengalihan arus lalu lintas juga sempat dilakukan pada Sabtu kemarin atau H+2 Lebaran, menyusul terjadinya kemacetan parah di Kota Bogor.

Exit GT Bogor ditutup dan kendaraan dari arah Jakarta dialihkan keluar melalui GT Bogor Selatan. Begitu pula kendaraan dari arah Ciawi yang hendak menuju Kota Bogor dialihkan melalui exit tol Sentul Selatan. 

3 dari 3 halaman

Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.