Sukses

Top 3 News: Ini Penyebab Bogor Macet Parah di Hari Kedua Idul Fitri 1442 H

Liputan6.com, Jakarta Memasuki hari kedua Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, arus lalu lintas di pusat Kota Bogor mengalami kemacetan parah. Imbasnya Gerbang Tol Bogor ditutup selama 5 jam untuk mengurai kerumunan.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, kemacetan parah yang terjadi di Kota Bogor sebagai akibat adanya pembatasan kendaraan yang akan masuk ke kawasan Puncak Bogor di hari kedua Lebaran. Berita ini menjadi terpopuler pertama di top 3 news, Sabtu, 15 Mei 2021.

Berita kedua yang tak kalah disorot pembaca Liputan6.com terkait arus balik Lebaran yang diprediksi akan terjadi hari ini, Minggu (16/5/2021) hingga Kamis, 20 Mei mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, lonjakan arus balik akan terjadi pada tanggal tersebut. Untuk menghindari adanya kerumunan, warga diimbau untuk menunda balik ke Ibu Kota.

Mengantisipasi adanya kasus baru positif masuk ke Ibu Kota, Menhub menyebut akan dilakukan tes antigen terutama d Pulau Jawa.

Langkah lainnya dengan mewajibkan pemudik mengantongi surat bebas Covid-19. Hal ini diungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, pada Jumat, 14 Mei kemarin.

Kelengkapan surat bebas Covid-19 tersebut akan dimulai hari ini, Minggu (16/5/2021). Salah satunya dilakukan di KM 34 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dan di Pos Cikupa.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu, 15 Mei 2021:

2 dari 5 halaman

1. Pusat Kota Macet Parah, Gerbang Tol Bogor Sempat Ditutup 5 Jam

Arus lalu lintas di ruas Tol Jagorawi-Bogor dialihkan imbas kemacetan parah di pusat Kota Bogor, Jawa Barat pada H+2 Lebaran Idulfitri, Sabtu (15/5/2021).

Gerbang Tol (GT) Bogor pun ditutup dan dialihkan ke GT Bogor Selatan (Sumarecon). Kendaraan dari arah GT Ciawi yang hendak menuju GT Bogor dialihkan ke pintu Tol Sentul Selatan.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pengalihan arus lalu lintas di tol berlangsung selama 5 jam dari pukul 13.00-18.00 WIB. Penutupan gerbang tol ini untuk membatasi mobilitas dan menghindari kerumunan di Kota Bogor.

Selain meningkatnya volume kendaraan dari arah Jakarta, kemacetan di Kota Bogor juga terjadi karena dampak pembatasan kendaraan menuju Puncak, Kabupaten Bogor.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Menhub Minta Masyarakat yang Mudik Tak Balik pada 16 dan 20 Mei 2021

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi arus balik mudik Lebaran terjadi pada Minggu 16 Mei dan Kamis 20 Mei 2021. Untuk itu, Budi mengimbau masyarakat tidak balik pada tanggal tersebut.

"Kemungkinan pascabalik itu terjadi pada tanggal 16 dan 20. Oleh karenanya kita mengimbau masyarakat jangan di titik tanggal tersebut karena memang akan penuh," ujar Budi dalam jumpa pers virtual 'Antisipasi Mobilitas Masyarakat dan Pencegahan Lonjakan Kasus Covid-19 PascaLebaran', Sabtu (15/5/2021).

Selain itu, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait antisipasi arus balik mudik Lebaran, yaitu akan melakukan testing di banyak kota terutama Pulau Jawa.

Selain Pulau Jawa, menurut Budi, pihaknya melakukan testing di daerah yang juga sensitif saat arus balik mudik, yakni di Sumatera dan Bali. Kemenhub, kata dia, mendapat dukungan alat tes antigen dari Kementerian Kesehatan.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Arus Balik Lebaran 2021, Pemudik Masuk Jakarta Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19

Operasi penyekatan pemudik Lebaran 2021 telah selesai. Kini jajaran Polda Metro Jaya fokus menyeleksi kendaraan yang kembali ke Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengingatkan bahwa pemudik yang kembali ke Jakarta saat arus balik Lebaran 2021 wajib mengantongi surat bebas Covid-19.

Yusri menuturkan, kepolisian akan melakukan pemeriksaan kelengkapan surat bebas Covid-19 tersebut mulai Minggu (16/5/2021). Polda Metro Jaya akan mendirikan pos pemeriksan di KM 34 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dan di Pos Cikupa.

Untuk ruas jalan arteri, pemeriksaan surat bebas Covid-19 akan dilakukan di Jatiuwung serta Kedungwaringin.

Yusri juga mengimbau kepada pemudik untuk lebih dulu melakukan tes usap (swab test) antigen sebelum kembali ke Jakarta untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: