Sukses

Operasi Penyekatan Mudik Berakhir Malam Ini, Polisi Fokus Seleksi Kendaraan Balik ke Jakarta

Malam ini adalah hari terakhir polisi melakukan penyekatan kendaraan yang meninggalkan DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Malam ini adalah hari terakhir polisi melakukan penyekatan kendaraan yang meninggalkan DKI Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan, petugas kini fokus menyeleksi kendaraan yang kembali ke DKI Jakarta dan sekitarnya. Operasi arus balik lebaran 2021 berlangsung mulai Minggu, 16 Mei 2021.

"Operasi penyekatan mudik yang ada di beberapa titik di tol maupun yang arah keluar Jakarta berakhir malam ini," kata dia dalam keterangannya, Jumat (14/5/2021).

Yusri menerangkan, pemudik yang hendak kembali ke Jakarta harus melengkapi diri dengan surat bebas Covid-19 sesuai dengan daerah yang disinggahinya saat itu. Surat itu nantinya ditunjukkan ke petugas yang berjaga.

Misalnya, pemudik yang dari arah Jawa Barat menuju ke Jakarta. Yusri menerangkan, pemeriksaan dilakukan di Kilometer 34.

"Semua pemudik kembali ke Jakarta diwajibkan membawa surat antigen bebas Covid-19 dari daerah di mana mereka mudik diperlihatkan surat bebas Covid-19 di titik pemeriksaannya itu ada di Karawang yang masuk Jakarta itu di Kilometer 34," ujar dia.

Tak hanya itu, pemeriksaan juga dilakukan di pos Cikupa. Dalam hal ini, Polda Metro akan berkoordinasi dengan Polda Banten. Sementara di jalan arteri akan dibuatkan dua pos.

"Pertama di pos Jatiuwung sama di Kedungwaringin. Kita lakukan pemeriksaan pada saat arus balik mulai hari minggu nanti," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tes Swab Antigen Sebelum ke Jakarta

Yusri mewanti-wanti pemudik untuk melakukan swab antigen sebelum kembali ke Jakarta. Walaupun sebenarnya, Polda Metro Jaya menyedikan fasilitas drive true swab antigen.

"Tapi kalau tidak ada kita akan buka drive thru dan random sampling untuk swab antigen tapi untuk lebih memudahkan supaya tidak terhambat di jalan atau tidak terjadi kemacetan sebelum berangkat sebaiknya dilakukan swab antigen," ucap dia.

Pada sisi lain, Yusri menerangkan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated atau Jalan Layang MBZ Sheikh Mohammed Bin Zayed akan dibuka kembali untuk umum mulai malam ini.

"Yang dari KM 10 tol layang MBZ yang arah ke Cikampek itu mulai dibuka malam ini pada pukul 00.00 WIB," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.