Sukses

4 Lokasi Para Tokoh Negeri Saat Salat Idul Fitri, Dari Jokowi hingga Menag Yaqut Cholil

Liputan6.com, Jakarta Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19, pada perayaan Idul Fitri kali ini, sejumlah masjid di Ibu Kota memilih untuk tidak menyelenggarakan Salat Idul Fitri (Salat Id). Salah satunya adalah Masjid Istiqlal.

Seperti diketahui, masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut kerap menjadi pilihan para tokoh negeri untuk melaksanakan salat berjamaah bersama masyarakat dan keluarga. Tak terkecuali Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Terakhir Jokowi melaksanakan Salat Id di Masjid Istiqlal, pada 2019 lalu. Saat itu yang menjadi imam salat dalah mantan Menteri Agama Prof Dr Said Agil Husin Almunawar.

Namun, tahun ini Jokowi memilih untuk melaksanakan Salat Id di Istana Bogor bersama Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin memilih rumah dinasnya bersama keluarga untuk menjalankan salat Idul Fitri.

Berikut sejumlah lokasi yang dipilih para tokoh negeri untuk menjalankan salat Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19:

2 dari 6 halaman

1. Istana Bogor

Halaman Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, dipilih Presiden Jokowi untuk melaksanakan Salat Idul Fitri, Kamis (13/5/2021) pagi tadi.

Ditemani Ibu Negara Iriana, Presiden Jokowi yang mengenakan baju lengan panjang berwarna putih lengkap dengan sarung dan batik, tiba pada pukul 06.16 WIB.

Sementara, Ibu Iriana mengenakan mengenakan mukena berwarna cokelat muda.

Presiden pun juga salat bersama Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, Komandan Grup A Paspampres Kolonel Inf. Anan Nurakhman, Asisten Ajudan Presiden AKP Syarif Muhammad Fitriansyah, Pengawal Pribadi Presiden Lettu Inf Windra Sanur, dan Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Erlin Suastini.

Salat Idul Fitri dimulai tepat pukul 06.36 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Adapun selaku Imam adalah Serda Ridwan Payopo yang dalam kesehariannya bertugas sebagai anggota Tim Pampri Den 1 Grup A Paspampres.

3 dari 6 halaman

2. Pendopo Kediaman Resmi Wapres

Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin melaksanakan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah di Pendopo Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2 Jakarta.

"Salat direncanakan dimulai pada pukul 07.00 pagi dan diikuti oleh jemaah terbatas. Akan bertindak sebagai khatib tahun ini yaitu Ustaz Abdul Muiz Ali,” kata Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi dalam keterangannya, Rabu, 12 Mei 2021.

Selain itu, Ma'ruf Amin juga tidak melaksanakan kegiatan open house pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah.

Hal ini sejalan dengan Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri, yaitu SE Nomor 800/2794/SJ tentang Pembatasan Kegiatan Buka Puasa Bersama pada Bulan Ramadan dan Pelarangan Open House atau Halal Bihalal pada Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah/2021.

4 dari 6 halaman

3. Kediaman Pribadi Kawasan Lebak Bulus

Sedangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan Salat Idul Fitri di kediaman pribadinya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Seperti dilansir dari Antara, Kamis (13/5/2021), Salat Idul Fitri dilakukan pukul 07.00 WIB di halaman rumah pribadi Anies Baswedan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Adapun Salat Idul Fitri ini dimpimpin oleh Ustaz Afifudien Rohaly. Yang bersangkutan juga menjadi khatibnya.

Anies Baswedan sendiri didampingi istrinya Fery Farhati bersama keluarga besar saat melaksanakan Idul Fitri.

Sebelumnya, Anies Baswedan juga berharap masyarakat DKI Jakarta melaksanakan Idul Fitri di rumah masing-masing. Imbauan itu bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Insya Allah masyarakat besok sesuai dengan anjuran usahakan untuk di rumah," kata dia.

 

5 dari 6 halaman

4. Salat Id di Rumah

Seperti halnya Anies, sebelumnya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkap dirinya bakal menjalankan salat Idul Fitri bersama keluarganya di rumah. Hal ini mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih merebak di Tanah Air.

"Saya juga akan takbiran di rumah bersama keluarga inti, anak-anak dan istri. Kamis pagi, saya akan menjadi imam dan khatib Salat Id di rumah. Saya akan menyampaikan pesan khatib tentang hikmah puasa dan spirit Idul Fitri di tengah pandemi," ungkapnya dalam keterangan tulis, Rabu, 12 Mei kemarin.

Dia pun mengingatkan seluruh umat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dalam berlebaran.

"Karena masih pandemi, mari beribadah dan berlebaran dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan disiplin 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas," pesan dia.

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: