Sukses

PM Vietnam Akan Bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor Sore Ini

Liputan6.com, Jakarta Perdana Menteri (PM) Vietnam Phạm Minh Chính tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (23/4/2021), sekitar pukul 10.45 WIB dengan menggunakan pesawat Vietnam Airlines. Salah satu agendanya, dia akan melalukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, PM Vietnam tampak melambaikan tangan begitu pintu pesawat dibuka. Di bawah tangga pesawat, dia disambut oleh Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri sekaligus Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto.

Bersama rombongan yang menyertainya, PM Vietnam kemudian langsung menuju rangkaian kendaraan yang telah disiapkan dan meninggalkan Bandara Soekarno-Hatta. Pada sore nanti, Presiden Jokowi diagendakan menggelar pertemuan bilateral dengan PM Phạm Minh Chính di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Phạm Minh Chính sendiri baru dilantik menjadi PM Vietnam pada 5 April 2021 lalu. Ini merupakan kunjungan pertama PM Phạm Minh Chính ke Indonesia usai dilantik.

2 dari 3 halaman

KTT ASEAN

Seperti diketahui, kedatangan PM Vietnam ke Indonesia dalam rangka menghadiri KTT ASEAN akan diadakan di Jakarta pada 24 April 2021. Pertemuan ini akan dipimpin oleh Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah yang juga merupakan Ketua ASEAN 2021.

Pertemuan ini, merupakan KTT ASEAN pertama yang digelar secara tatap muka sejak 2020 lalu ketika pandemi COVID-19 melanda dunia. Sebelum pertemuan para pemimpin negara-negara ASEAN yang dijadwalkan pada Sabtu (24/4), 10 Menteri Luar Negeri ASEAN akan bertemu langsung pada Jumat (23/4/2021).

KTT ini disebutkan akan fokus membahas masalah kudeta militer di Myanmar. Bahkan, pemimpin kudeta militer Min Aung Hlaing akan ikut menghadiri KTT tersebut.Acara ini akan digelar dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat lantaran diselenggarakan di masa pandemi COVID-19.

"Karena pandemi COVID-19 dan protokol keamanan yang sedang berlangsung, partisipasi personel di acara KTT akan dibatasi. Diselenggarakannya ASEAN Leaders Meeting akan mematuhi protokol kesehatan dan keamanan yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia secara ketat," tulis pernyataan resmi dari Sekretaris ASEAN yang diterima Liputan6.com pada Selasa (20/4/2021).

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang pernah menang dari jajahan Amerika pada April 1975
    Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang pernah menang dari jajahan Amerika pada April 1975
    vietnam