Sukses

Eks Lurah Petamburan Mengaku Positif Covid-19 Usai Datang ke Pertemuan Rizieq Shihab

Liputan6.com, Jakarta - Eks Lurah Petamburan, Setyanto menjadi salah satu orang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 pascamengikuti rangkaian kegiatan Rizieq Shihab di Petamburan Jakarta Pusat.

Keterangan itu disampaikan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (22/4/2021). Setyanto memberikan kesaksian pada sidang lanjutan perkara dugaan pelanggaran prokes di Petamburan Jakpus.

Setyanto mengaku ikut memantau kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselingi pernikahan putri Rizieq Shihab pada Sabtu, 14 November 2020.

Setyanto menyampaikan telah mengetahui ada kegiatan itu karena mendapatkan pemberitahuan dari panitia acara. Saat itu mereka mengajukan permohonan izin penutupan Jalan KS Tubun.

Setyanto bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas datang ke lokasi acara untuk mensosialisasikan pentingnya mematuhi prokes.

"Ba'da Magrib saya kasih penyuluhan penerapan prokes, kurang lebih jam 19.00 WIB saya kembali ke kelurahan bergabung Satpol PP kasih masker," ucap dia.

Selepas kegiatan itu, Setyanto mengaku menjalani swab test antigen. Hasilnya menunjukkan reaktif Covid-19. Sehingga, ia langsung dirujuk ke Rumah Sakit Polri untuk mengikut test PCR.

"Di situ terungkap kalau saya positif Covid-19," ucap dia.

Hakim bertanya jumlah orang yang bernasib sama dengan Setyanto. "Ada lima orang," jawabnya.

2 dari 3 halaman

Dipertanyakan Rizieq Shihab

Pernyataan Setyanto mengundang perhatian Rizieq Shihab. Dia pun melemparkan perntanyaan.

"Jadi yang saya mau tanya dokter siapa, rumah sakit mana, keterangan ada tau tidak, yang menenerangka di mana anda kena Covid-19 tersebut. Maaf Pak Lurah saya sengaja tanyakan ini karena terdakwa lain yakni panita maulid, ini semua ada di pusat kerumunan di atas panggung tapi tidak satupun dari mereka yang kena Covid-19. Saya sendiri kena Covid-19 mulai bandara bukan di maulid," ucap Rizieq.

Setyanto pun mengaku tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut.

"Saya menjawab, saya tidak tahu, karena tidak ada orang Covid-19 yang saya sentuh langsng. Jadi saya tidak tahu," tandas Setyanto.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: