Sukses

Indonesia Kembali Terima 6 Juta Dosis Bulk Vaksin Sinovac

Dalam satu bulan ke depan, Indonesia akan kembali menerima 20 juta dosis vaksin.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia kembali menerima 6 juta dosis bahan baku atau bulk vaksin Covid-19 dari Sinovac Biotech, China pada hari ini, Minggu (18/4/2021).

Enam juta dosis vaksin yang baru datang ini diterbangkan dari China ke Indonesia dengan menggunakan pesawat Garuda dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu siang sekitar pukul 12.00 WIB.

Dengan datangnya 6 juta vaksin ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa Indonesia sudah menerima 59,5 juta dosis bulk vaksin dari total 140 juta dosis yang dipesan Indonesia.

"Hari ini kita kedatangan 6 juta bulk vaksin dari Sinovac China. Kita sudah terima totalnya 59,5 juta bulk vaksin Sinovac, itu akan diproduksi menjadi sekitar 47 juta dosis," kata Menkes di Bandara Soekarno Hatta, Minggu siang.

Dari jutaan bulk vaksin yang sudah datang sebelumnya, kata dia, Indonesia sudah memproduksi 22 juta dosis vaksin jadi. 22 juta dosis tersebut, kata dia sudah diterima didistribusikan ke berbagai daerah.

Dalam satu bulan ke depan, Indonesia akan kembali menerima 20 juta dosis vaksin. Dia pun berharap, distribusi vaksin di bulan April dan Mei mendatang bisa berjalan lancar.

"Dalam satu bulan ke depan, kita bisa menerima tambahan sekitar 20-an juta dosis lagi hasil produksi dari Bio Farma atas kedatangan bulk vaksin ini. kita harapkan program vaksinasi bulan April dan Mei bisa berjalan dengan lancar dan baik," harapnya.

Dia pun kemudian berpesan kepada seluruh daerah untuk tetap melaksanakan vaksinasi selama bulan Ramadan ini, karena sesuai fatwa MUI, vaksinasi tidak membatalkan puasa.

"Pesan saya kepada seluruh teman-teman di daerah, kepala daerah, gubernur, bupati dan wali kota terus jalankan program vaksinasi. MUI sudah bilang bahwa selama bulan puasa vaksinasi tidak membatalkan puasa jadi terus dijalankan," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diproduksi Menjadi Vaksin Jadi

Sebagai informasi, kedatangan 6 juta vaksin hari ini merupakan kedatangan vaksin Covid-19 tahap ke-delapan di Tanah Air. Sebelumnya pada Maret lalu kedatangan vaksin tahap ketujuh sejumlah 16 juta bulk vaksin Sinovac, yang tiba di Indonesia pada Kamis 25 Maret lalu. 6 juta vaksin bulk itu kemudian dimasukkan ke mobil truk untuk dikirim ke Bio Farma, Bandung untuk diolah/diproduksi menjadi vaksin jadi.

 

Reporter: Rifa Yusya Adilah/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.