Sukses

Ahok Malam-Malam Sambangi Gibran di Solo, Bahas Apa?

Ahok menemui Gibran di rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung pada Rabu malam.

Liputan6.com, Jakarta - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyambangi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu datang ke rumah dinas Loji Gandrung pada Rabu malam (7/4/2021).

Lalu apa yang dibahas Ahok malam-malam di rumah dinas Gibran

"Sebetulnya saya lagi mau kunjungan kerja ke Cepu, karena masih pagi jalan saya nginep di Solo. Kontak Pak Wali Kota, ada waktu enggak, saya mau mampir," kata Ahok di sela kunjungan ke Rumah Dinas Wali Kota Surakarta Loji Gandrung Solo.

Mantan wakil Jokowi di Pemprov DKI ini mengaku tidak banyak pembahasan penting yang dibicarakan dalam pertemuan dengan Gibran. Meski demikian, ia sempat memberikan masukan terkait dengan penghijauan di Kota Solo.

"Saya kira Pak Wali sudah sangat baik, saya lihat sudah ngurusin pendidikan, kesehatan, rumah sakit. Tinggal taman mestinya lebih hijau, kita lihatlah Pertamina juga mendukung masalah penghijauan," kata Ahok dikutip dari Antara.

Ia mengatakan, salah satu program pertanggungjawaban sosial perusahaan yang dilakukan PT Pertamina (Persero) adalah Pertamina Hijau.

"Sebetulnya ada Pertamina Sehat, ada Pertamina Hijau, ada Pertamina Berdikari itu untuk UMKM. Namun, untuk Pertamina Hijau, Mas Gibran bisa sesuai program itu," ucap Ahok.

Pada kesempatan tersebut, Ahok juga sempat membahas mengenai bahan bakar minyak (BBM) jenis premium yang masih dikonsumsi sebagian masyarakat.

"Dulu di DKI sudah saya hapus, tetapi memang di beberapa daerah masih membutuhkan. Makanya kita lagi bikin program langit biru untuk mengajak masyarakat, mendidik supaya meninggalkan premium karena secara kualitas kan kurang baik," katanya.

Terkait hal itu, ia mendorong masyarakat untuk beralih ke BBM jenis pertalite atau pertamax karena selain kualitasnya yang lebih baik, banyak kendaraan saat ini dirancang bukan untuk premium.

"Tetapi secara kebutuhan ekonomi memang rakyat masih membutuhkan premium, makanya ini bertahap. Di Jawa Tengah sedikit sekali yang pakai premium. Masyarakat makin sadar dari sisi lingkungan dan sisi ekonomis memang lebih baik pertamax," katanya.

Disinggung mengenai sampai kapan penggunaan premium berlangsung, pihaknya mengikuti arahan dari kementerian.

"Saya enggak tahu, itu menteri. Kalau kita cuma menjalankan saja," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengidolakan Ahok

Pada kesempatan tersebut, Gibran mengungkapkan bahwa Ahok adalah salah satu tokoh politik idolanya.

"Ini cuma makan malam, tadi banyak bicara masalah leadership (kepemimpinan). Beliau kan termasuk orang yang saya idolakan. Tegas, cakcek," katanya.

Mengenai masukan dari Ahok terkait dengan penghijauan, ia menyambut baik.

"Ya tadi banyak masukan untuk ruang terbuka hijau ini perlu ditambahi lagi," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.