Sukses

Kilang Minyak Balongan Terbakar, Pertamina Lakukan Normal Shutdown Cegah Api Meluas

Kilang minyak Pertamina Balongan, Indramayu, meledak dan terbakar, Senin (29/3/2021) dini hari. Kilang minyak tersebut meledak sekitar pukul 00.45 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Kilang minyak Pertamina Balongan, Indramayu, meledak dan terbakar, Senin (29/3/2021) dini hari. Kilang minyak tersebut meledak sekitar pukul 00.45 WIB. 

Corporate Secretary Subholding Refining & PetrochemicalPT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya mengatakan saat ini tim HSSE Kilang Pertamina Balongan tengah fokus melakukan pemadaman api di kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

"Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir," kata Ifki dalam siaran persnya, Senin (29/3/2021).

Ifki mengatakan, saat ini tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran.

Api yang melalap kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Senin, 29 Maret 2021 dini hari ini terlihat dari jarak sejauh lima kilometer.

"Dari sini kelihatan banget apinya besar," kata Suci, warga Indramayu, 

Suci mengungkapkan jarak tempat tinggalnya ke kawasan kilang minyak milik Pertamina VI Balongan adalah sekitar 5 kilometer. Meskipun jauh, namun api tampak jelas membumbung tinggi.

"Kalau dari sini jarak memang jauh, tapi api kelihatan," kata Suci.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Dievakuasi

Warga yang rumahnya berjarak sekitar 500 meter dari kilang minyak Pertamina Balongan dievakuasi ke Bumi Patra dan Pendopo Bupati Indramayu.

Kobaran api sangat besar dengan kepulan asap hitam yang membumbung tinggi. Belum diketahui penyebab ledakan yang berdampak kebakaran tersebut.

Beberapa petugas pemadam gabungan tampak berupaya memadamkan kobaran api. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.