Sukses

Anies Kalahkan Ganjar di Survei Pilpres 2024, Ini Respons Fraksi PDIP DKI

Dia mengatakan, hasil survei Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo tidak memiliki selisih yang besar.

Liputan6.com, Jakarta Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak mengaku tidak terlalu mempermasalahkan hasil survei indikator politik terkait pencalonan presiden di Pilpres 2024.

Dalam survei tersebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapatkan persentase lebih tinggi dan mengalahkan sejumlah pihak, salah satunya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Menurut Gilbert, hasil survei tersebut dilakukan dengan sejumlah keterbatasan, mulai dari tidak dilakukan tatap muka hingga hanya masyarakat yang memiliki telepon genggam bagus saja.

"Dengan margin of error 2,9 persen, melihat hasilnya, hanya bisa diekstrapolasi ke kelompok 17-21 tahun, terlalu berlebihan kalau diekstrapolasi ke seluruh populasi," kata Gilbert dalam keterangan tertulis, Senin (22/3/2021).

Lanjut dia, hasil survei Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo tidak memiliki selisih yang besar. Karena hal itu, Gilbert menilai perubahan data akan terus terjadi mengingat 30 persen responden belum memberikan suaranya.

Selain itu, masih terdapat sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi hasil survei untuk penyelenggaraan Pilpres 2024.

"Waktu yang masih panjang menuju 2024 dan beberapa faktor lain yang bisa mempengaruhi. Kerja politik partai juga akan sangat berpengaruh," jelas dia.

Sebelumnya, Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis temuan suara anak muda tentang isu-isu sosial politik bangsa, salah satunya soal calon presiden (capres). Hasilnya, 15,2 persen anak muda memilih Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk jadi calon presiden.

"Jadi kalau ditanya anak muda 17 nama yang paling tinggi, meskipun kisaran margin of error dengan Ganjar Pranowo, termasuk juga Ridwan kamil, secara umum tidak ada nama yang dominan itu dulu, tetapi 17 nama yang paling tinggi secara absolute itu Anies Baswedan di angka 15,2 persen, Ganjar 13,7 persen, bedanya enggak signifikan," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei secara daring, Minggu (21/3/2021).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suara Jokowi Menyebar

Sementara itu, di posisi ketiga ada Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau RK dengan raihan 10,2 persen, disusul Menparekraf Sandiaga Uno 9,8 persen, dan Menhan Prabowo Subianto 9,5 persen.

Kemudian Burhanuddin juga menilai bahwa suara yang dimiliki Jokowi kini mulai menyebar.

"Secara umum sesuai dengan temuan kami, pemilih Pak jokowi itu nyebar, sementara Anies paling banyak dia didapatkan dukungan di antara mereka yang mencoblos Pak Prabowo-Sandi di 2019 kemarin," ungkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.