Sukses

Satgas Nemangkawi Tangkap 4 Anggota KKB Papua Pimpinan Joni Botak

Penangkapan bermula saat tim meninggalkan Posko Gakkum Timika menuju Kali Pindah-Pindah di Distrik Iwaka untuk melakukan hunting terhadap target penyuplai bahan makanan ke KKB Joni Botak.

Liputan6.com, Jakarta - Satgas Nemangkawi menangkap empat anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pimpinan Joni Botak. Mereka ditangkap pada Sabtu 13 Maret 2021 lalu.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Era Adhinata menyampaikan, keempatnya berinisial TJ, T, JJ dan EK.

"Bertempat di jalan Trans Papua Mimika-Nabire," tutur Era dalam keterangannya, Rabu (17/3/2021).

Era menyebut, penangkapan bermula saat tim meninggalkan Posko Gakkum Timika menuju Kali Pindah-Pindah di Distrik Iwaka untuk melakukan hunting terhadap target penyuplai bahan makanan ke KKB Joni Botak.

"Di sekitar Kali Pindah-Pindah terdeteksi salah satu target yang diketahui merupakan salah satu penembak dari KKB Kali Kopi, AE, yang kemudian diyakini berada dalam sebuah kendaraan Toyota Avanza warna putih melintas dan melaju dari arah kota Timika ke arah PT PAL," jelas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Barang Bukti yang Diamankan

Dari situ, lanjut Era, tim melakukan pembuntutan dan menghadang kendaraan tersebut. Empat orang diamankan dan langsung dibawa ke Posko Gakkum Nemangkawi wilayah Timika untuk pemeriksaan.

"Petugas mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya, empat handphone dan dokumen-dokumen TPNPN OPM," Era menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.