Sukses

Rizieq Shihab: Saya Meminta Dihadirkan di Persidangan

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab meminta majelis hakim untuk menghadirkannya langsung dalam sidang perdana kasus kerumunan pelanggaran kekarantinaan kesehatan di Petamburan, Jakarta.

"Saya meminta saya dihadirkan di persidangan," tutur Rizieq lewat sambungan virtual sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (16/3/2021).

Rizieq sendiri berada di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. Dia meminta dihadirkan secara langsung lantaran audi visual persidangan secara online sangat bergantung dengan sinyal.

"Ini sangat merugikan saya," jelas dia.

Permintaan tersebut pun disambut Majelis Hakim dengan meminta para teknisi untuk memperbaiki sambungan virtual baik audio dan visual alam persidangan perdana kasus kerumunan yang melibatkan Rizieq Shihab tersebut.

"Kami sudah konsultasi dengan teknisi di sini untuk memperbaiki audionya. Sidang kami skors," kata Majelis Hakim.

2 dari 3 halaman

Polri Terjunkan 658 Personel Amankan Sidang Rizieq

Terkait pengamanan, Polri mengerahkan ratusan untuk mengamankan sidang perdana eks pemimpin FPI Muhammad Rizieq Shihab atau MRS di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), hari ini, Selasa (16/3/2021).

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono mengatakan, meski digelar secara virtual, polisi tetap menerjunkan 658 personel untuk mengamankan jalannya sidang dengan agenda pembacaan dakwaan Rizieq Shihab.

"Sidang dilakukan secara virtual. Walau demikian Polri siapkan kekuatan pasukan untuk pengamanan di PN Jaktim. Ada sekitar 658 personel yang akan amankan kegiatan sidang MRS yang akan dimulai besok (hari ini)," ujar Rusdi di Jakarta, Senin kemarin (15/3/2021).

Sementara itu, anggota tim hukum Habib Rizieq Shihab, Aziz Yanuar menuturkan, pihaknya telah mempersiapkan sidang perdana tersebut.

Untuk menghadapi sidang perdana itu, Aziz menyatakan kondisi Habib Rizieq dalam keadaan sehat.

"Alhamdulillah baik," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: