Sukses

Marinir TNI AL Turun Tangan Evakuasi Warga Sakit yang Terjebak Banjir di Jakarta Selatan

Liputan6.com, Jakarta - Prajurit Marinir Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) turun tangan dalam membantu evakuasi warga yang terjebak banjir

Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan dan Penanganan Bencana Banjir, Prajurit Pasukan Marinir (Pasmar) 1 turun dalam mengevakuasi warga Kemang, Jakarta Selatan. 

Mereka mengevakuasi seorang ibu yang sakit dan terjebak banjir di daerah Kemang Selatan, Sabtu, 20 Februari 2021, kemarin. Mereka naik ke atas genting dan bahu membahu mengevakuasi sang ibu yang diketahui bernama Chaerani Pramono.

"Kami menyusuri titik-titik paling terdampak banjir di daerah Kemang Selatan. Kita turun dengan perahu karet agar bisa masuk ke daerah-daerah yang tidak bisa dilewati kendaraan darat," ujar Pimpinan Prajurit Pasmar 1, Letda Mar Utomo dalam keterangannya, Minggu (21/2/2021).

Utomo mengatakan, pihaknya menerjunkan satu peleton prajurit untuk membantu mengevakuasi warga yang terdampak. Berbekal pengalaman lapangan, para prajurit berhasil mengevakuasi seorang ibu yang sedang sakit lewat alias genting di tengah banjir.

"Berbekal perahu karet, Prajurit Marinir tetap mengedepankan protokol kesehatan sebagai upaya menjaga paparan dan penularan virus Corona dalam mengemban misi kemanusiaan ini," kata Utomo.

 

2 dari 3 halaman

Posko BPBD DKI

Sementara itu, banjir melanda sejumlah wilayah di DKI Jakarta. Banjir terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi sejak Jumat hingga Sabtu kemarin, 19-20 Februari 2021. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengajak masyarakat untuk bahu-membahu membantu korban banjir di ibu kota.

"Mari berkolaborasi membantu warga yang terdampak dengan berbagi dan dapat disampaikan melalui Posko Tanggap Bencana Kelurahan atau Posko BPBD DKI Jakarta," ajak Anies melalui akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan, Minggu (21/2/2021). 

Bantuan bisa disalurkan melalui Posko BPBD DKI Jakarta dengan menghubungi kontak 081319332209 atas nama Dedi. Anies menjelaskan, dalam menanggulangi banjir di ibu kota, Pemprov DKI Jakarta telah menyiagakan sejumlah sarana dan prasarana tanggap bencana. Pihaknya juga telah menyiapkan dapur umum dan tenda pengungsian bagi korban bencana.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: